Jumat, 29 Mei 2020

RENUNGAN MINGGU PENTAKOSTA PERTAMA, 31 MEI 2020

TUNTUNAN ROH

(Yesaya 63:11-14)


Allah Israel adalah Allah yang berkarya dalam sejarah keselamatan Israel dan seluruh dunia, secara khusus dalam kehidupan umat pilihan-Nya. Banyak hal yang Tuhan perlihatkan sabagai bukti kasih pemeliharaan-Nya kepada umat-Nya (Israel). Bangsa Israel yang ditindas dalam perbudakan Mesir, Tuhan tinggikan di antara bangsa-bangsa dengan memberi mereka kebebasan, menuntun mereka ke tanah perjanjian, dengan suatu karya besar. Di dalam anugerahNya yang sangat besar, Allah yang penuh dengan kasih setia telah menetapkan dan mengangkat umatNya Israel menjadi umat pilihanNya, mengangkat dan menjadikan mereka menjadi anak-anakNya.

Tentu saja setiap orang yang telah menerima anugerah keselamatan dan pengampunan harus memiliki integritas iman dan moral yang sungguh baik, setia dan taat. Akan tetapi apa yang terjadi? Banyak orang sepertinya tidak menghiraukan seruan Tuhan, yang memanggil mereka untuk sebuah kehidupan yang benar dan taat. Manusia (bangsa Israel) senantiasa memberontak terhadap Tuhan, melakukan apa sekehendak hati dan seturut kemauan sendiri. Memberontak terhadap kasih setia Tuhan.

Terlalu sering kita tidak dapat melihat bagaimana kasih setia Tuhan senantiasa menyertai kehidupan kita, kita turuti kehendak hati dan keinginan kita sendiri, kita hanya bangga dengan apa yang dapat kita lakukan, yang kita telah miliki, tanpa ada pengungkapan syukur yang membawa kita kepada kerendahan hati. Semakin banyak orang yang tidak mau mengubah pola berfikir yang bersifat duniawi, tidak mau ditegur, diingatkan maupun diarahkan kepada kebenaran Tuhan. Oleh kasihNya, Tuhan mengutus ROH Kudus untuk menolong kita memperbaharui diri ke arah yang lebih baik, menuntun kita kepada kebenaran dan kesetiaan, menuntun kita memahami pengorbanan Yesus yang membebaskan kita dari perbudakan dosa. Roh Tuhan akan memampukan kita melakukan perbuatan baik, melihat perbuatan Allah yang besar dalam kehidupan kita yang memampukan kita melewati segala tantangan kehidupan; sebagaimana bangsa Israel melewati laut merah, padang gurun dan menyeberangi sungai Yordan. Semuanya merupakan tantangan hidup yang dapat kita lewati oleh karena bimbingan, tuntunan dan penyertaan Roh Kudus, karena kasih setia Tuhan, dan akan senantiasa berlaku dalam kehidupan setiap orang yang percaya kepada Tuhan. Allah menaruh rohNya ke dalam hati setiap umatNya, supaya mampu melihat perkara-perkara besar yang telah Tuhan kerjakan demi keselamatan umat yang dikasihiNya. Roh Kudus menuntun kita kepada kebenaran dan hidup sebagaimana yang Tuhan telah persiapkan bagi kita semua. Amin. Selamat hari Minggu! (HS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN MINGGU ADVENT I 28 NOVEMBER 2021

MENYAMBUT KEDATANGAN TUHAN DALAM KEKUDUSAN (1 Tesalonika 3: 9-13) Surat ini ditujukan kepada komunitas pengikut Kristus di Tesalonika. L...