Jumat, 10 April 2020

RENUNGAN MINGGU PASKAH, 12 APRIL 2020

KUASA KEBANGKITAN YESUS

(Matius 28:1-10)


Minggu Paskah, adalah masa bagaimana kita bersukacita untuk menyambut suatu kehidupan baru, suatu suasana baru dalam persekutuan kita dengan Tuhan. Minggu Paskah mengajak kita kembali merenung akan besar kasih anugerah Allah yang DIA perlihatkan dalam karya pengorbanan Tuhan Yesus di salib. Yesus disalib untuk menebus kita dari kuasa maut, untuk membebaskan kita dari cengkeraman dosa, untuk memberikan kita pengampunan dan keampunan dosa, dan kebangkitanNya adalah memperlihatkan kuasaNya atas segala kuasa di bumi dan di langit, Yesus berkuasa atas maut dan kehidupan.

Sekilas kita lihat bagaimana ketakutan, kesedihan Maria dan para murid akan kematian Yesus, sehingga kesedihan itu menutup mata iman mereka akan apa yang pernah Yesus ajarkan. Mereka ingat akan tradisi Yahudi yang harus meminyaki mayat orang meninggal, akan tetapi hal itu urung mereka lakukan pada mayat Yesus karena hari sabbat telah tiba. Itu sebabnya pagi-pagi benar setelah Sabbat, mereka pergi ke kubur Yesus dengan maksud meminyaki mayat Yesus. Mereka membawa rempah-rempah dan minyak, tetapi tidak terpikir oleh mereka bagaimana nantinya mengguling batu penutup makam. Kejadian yang tidak mereka pernah bayangkan bagaimana kuatnya gempa bumi saat itu mereka rasakan, dan saat itu malaikat Tuhan telah membuka pintu kubur. Apa yang mau Tuhan katakan kepada Maria dan para murid? Ternyata Tuhan selalu mendahului apa yang mereka pikirkan dan butuhkan. Mereka sungguh ketakutan, juga penjaga kubur saat itu, akan tetapi Tuhan menguatkan hati mereka dengan berkata: ”Jangan Takut.“ Suatu penguatan moral dan psikologi oleh Allah kepada mereka yang datang mencariNya, suatu pendampingan dan penyertaan Allah kepada umatNya.

Kuasa kebangkitanNya mengubah ketakutan para murid dan juga perempuan-perempuan yang datang ke makam Yesus menjadi sukacita dengan ungkapan Malaikat itu kepada mereka bahwa Yesus telah bangkit, mereka melihat kuburan itu telah kosong. Tetapi kekosongan kuburan Yesus bukanlah kekosongan yang hampa, akan tetapi adalah kekosongan yang menggenapi dan menyempurnakan. Menggenapi Fiman Tuhan seperti yang dinubuatkan para nabi bahwa ”Ia akan bangkit pada hari ketiga. Juga menyempurnakan karya keselamatan bagi manusia. Kuasa kebangkitanNya menjadi dorongan dan motivasi bagi setiap orang percaya untuk memberitakannya ke seluruh dunia. Kuasa kebangkitannya memberikan kita pengharapan yang baru, persekutuan yang baru dan kehidupan yang baru. Yesus yang bangkit akan membangkitkan kita kembali. Amin. Selamat Paskah. (HS).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN MINGGU ADVENT I 28 NOVEMBER 2021

MENYAMBUT KEDATANGAN TUHAN DALAM KEKUDUSAN (1 Tesalonika 3: 9-13) Surat ini ditujukan kepada komunitas pengikut Kristus di Tesalonika. L...