Minggu, 29 Maret 2020

RENUNGAN MINGGU PALMARUM, 05 APRIL 2020

SAMBUTLAH 

RAJA-MU DATANG


(Yohanes 12: 12-19)






M
udah memuji Tuhan ketika keadaan baik-baik saja, tetapi ketika keadaan berubah sulit dan keras? Masih dapatkah kita memuji Tuhan dengan sepenuh hati? Bahkan ketika Tuhan berbalik mengecam kita seperti Yesus mengecam orang-orang Farisi? Apakah kita dapat menerimanya?


Hal inilah yang terjadi dengan para penyorak Hosana pada perjalanan Yesus hendak masuk ke Yerusalem, dan juga masih terjadi sampai hari ini. Mereka begitu fokus hanya untuk bebas dari penjajahan Roma, sehingga mereka melewatkan satu momen paling penting dalam sejarah dunia, bahwa Raja di atas segala raja (Yes. 52:1-12), telah datang dan memasuki Yerusalem. Mereka gagal mendengar hati nurani mereka, tetapi hanya dituntun oleh keinginan daging belaka, keinginan untuk merdeka dan lepas dari Roma, padahal Yesus datang untuk membebaskan mereka, dan juga membebaskan kita dari kuasa dosa. “Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya. Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya.” (Yoh 1:10-11).


Seruan Hosana! (berasal dari Mzm.118:25 Ya TUHAN, berilah kiranya keselamatan! Ya TUHAN, berilah kiranya kemujuran! Diberkatilah dia yang datang dalam nama TUHAN! Kami memberkati kamu dari dalam rumah TUHAN.) Membahana mengiringi Yesus menandakan kerinduan dan harapan mereka akan seorang pemimpin yang akan membebaskan mereka. Mesias yang dinanti-nantikan, menggenapi nubuat Zakaria 9: 9 “Bersorak-soraklah dengan nyaring, hai puteri Sion, bersorak-sorailah, hai puteri Yerusalem! Lihat, rajamu datang kepadamu; ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda.”


Apakah kita tetap bisa bersorak Hosana? Di tengah kenyataan yang menyedihkan pandemi Corona Virus (Covid-19)? Di saat keriang-gembiraan dapat berubah menjadi kesal, marah. Bagaimana kita memuji Tuhan di saat seperti sekarang ini?

Sambutlah Raja-Mu datang! Kita harus tahu, bahwa Tuhan tidak pernah selalu memberikan apa yang kita minta, tetapi Ia pasti memberikan apa yang kita butuhkan! “Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.” (Flp.4:19). Palmarum/Maremare adalah Minggu sukacita, yang menyerukan dengan sorak-sorai kedatangan Mesias penyelamat dunia dari dosa dan kematian. Menguatkan kita bahwa Allah akan menjaga dan menopang kita senantiasa dalam segala hal! Amin. Selamat hari Minggu! (NS).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN MINGGU ADVENT I 28 NOVEMBER 2021

MENYAMBUT KEDATANGAN TUHAN DALAM KEKUDUSAN (1 Tesalonika 3: 9-13) Surat ini ditujukan kepada komunitas pengikut Kristus di Tesalonika. L...