Jumat, 27 Maret 2020

RENUNGAN MINGGU JUDIKA, 29 MARET 2020


KEADILAN TUHAN 

YANG MENYELAMATKAN

(2 Petrus 1:1-9)



Di tengah kepanikan dan kekuatiran akan perjalanan iman kekristenan, juga memasuki akhir hidupnya, Petrus menuliskan surat penggembalaannya untuk menguatkan seluruh umat dengan apa yang tengah mereka hadapi. Artinya Petrus mengajak mereka memahami apa yang tengah mereka hadapi. Saat itu mereka berada dalam titik bahaya yang serius dan nyata yaitu semakin berkembangnya ajaran-ajaran sesat. Para pengajar sesat menyatakan dirinya seorang Kristen, akan tetapi cara hidup mereka sangat berbeda dengan apa yang diajarkan oleh Tuhan Yesus. Itu sebabnya Petrus mengajak mereka untuk hidup dalam kebenaran indentitas diri, apa adanya di hadapan Tuhan. Tidak terhasut dengan berbagai ajaran, tidak menyerah pada keadaan terlebih jangan sampai meninggalkan persekutuannya dengan Tuhan.

Apa yang kita alami saat ini, ketakutan, kekuatiran dan kebimbangan dengan wabah Covit-19 yang tengah merebak di dunia ini, yang dapat menghancurkan segala sendi perekonomian, sosial, dan bahkan juga persekutuan kita dengan Allah, banyak interpretasi yang muncul ketika untuk sementara ini gedong gereja ”ditutup” sementara untuk kegiatan peribadahan, tetapi ada juga yang memahaminya untuk sebuah kesempatan membangun persekutuan baru di tengah-tengah keluarga. Tuhan setia dengan janji-Nya akan memberikan kita hidup dan keselamatan, kebebasan dari rasa takut yang mencekam. Penyertaan-Nya akan senantiasa menguatkan kita, hanya saja bagaimana kita senantiasa melandaskan iman pengharapan kita dengan berseru: ”Tetapi aku ini tertindas dan kesakitan, keselamatan yang dari pada-Mu ya Allah, kiranya melindungi aku“ (Mzm. 69:29); Penyerahan diri akan Tuhan, akan memampukan kita kuat dalam menghadapi apapun kesulitan yang tengah kita hadapi; Keadilan kasih-Nya, kasih setia-Nya akan senantiasa menaungi umat-Nya.

Iman yang sejati yang akan membawa keselamatan, merupakan kasih karunia yang sangat mulia; iman yang dalam pengharapan yang teguh yang senantiasa harus diperlihatkan oleh setiap orang yang percaya akan Kristus; Dia adalah Juruselamat bagi setiap orang, Dialah yang akan membebaskan negeri ini dari penyakit yang sangat mematikan saat ini, Dialah yang akan senantiasa memberikan kita penghiburan dan sukacita; janji-Nya kekal dalam penyertaan-Nya: “Aku akan menyertai engkau hingga pada akhir jaman: (Mat. 28:20). Tuhan memberkati. Amin. Selamat hari Minggu! (HS).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN MINGGU ADVENT I 28 NOVEMBER 2021

MENYAMBUT KEDATANGAN TUHAN DALAM KEKUDUSAN (1 Tesalonika 3: 9-13) Surat ini ditujukan kepada komunitas pengikut Kristus di Tesalonika. L...