Rabu, 21 Desember 2016

TERTIB ACARA IBADAH NATAL PERTAMA 25 DESEMBER 2016



Tema:

“DI DALAM DIA ADA HIDUP DAN HIDUP ITU TERANG MANUSIA

(Yohanes  1 : 1 – 14)



(L=Liturgis; J=Jemaat;   S=Semua)



(Semua Majelis memakai jubah pelayan, berangkat dari konsistori menuju ke dalam gereja dan berdiri di altar untuk menyampaikan salam: Selamat Hari Natal)

01. SALAM PANGGILAN BERIBADAH PESTA  KELAHIRAN TUHAN  JESUS


L :  Hari ini, 25 Desember 2016, adalah puncak sukacita kita merayakan Pesta Kelahiran Tuhan Yesus Kristus. Semua orang percaya bersatu hati mensyukuri betapa besarnya anugerah dan kasih Tuhan, yang telah mengutus Anak-Nya yang Tunggal itu, menjadi keselamatan bagi seluruh umat manusia. Kami seluruh Majelis gereja menyampaikan salam sukacita bagi seluruh jemaat: ”Selamat Hari Natal bagi jemaat sekalian!”
J :   Selamat Hari Natal juga bagi seluruh Majelis gereja, para pelayan Tuhan!
L : Anugerah Tuhan kita Yesus Kristus dan kasih setia Allah Bapa serta persekutuan dalam Roh Kudus menyertai kamu sekalian! Di peringatan Hari Kelahiran Tuhan Yesus yang mulia dan kudus ini, mari kita bersalam-salaman di dalam damai dan sukacita.
S(Jemaat berdiri, bersalam-salaman dengan saudara/i yang ada di dekatnya, sambil Majelis meningalkan altar, berjalan ke tempat yang sudah disediakan)  
L : (Jemaat dipersilahkan duduk kembali!). Saudara-saudara yang terkasih, mari kita bersukacita memuji-muji Tuhan Allah, kita nyanyikan ”Sudah tiba Hari Raya yang kudus!”......

02. Bernyanyi BN. HKBP No 57 : 1 + 3                 “Sudah tiba Hari Raya”


É Sudah tiba Hari Raya yang kudus. Hari Natal Jurus’lamat dunia. Tuhan datang dari surga yang kudus, menebus umat-Nya. Ref: Kemuliaan bagi Allah. Damai bagi s’luruh dunia. Manusia yang percaya, berkenan pada-Nya.
         -------Berdiri-------
É Hai semua umat mari menyembah. Tuhan Yesus tidur di palungan-Nya, yang diutus Allah Bapa ke dunia menebus manusia. Ref: .........

03. Votum – Introitus – Doa:  (L = Liturgis, J = Jemaat, S = Semua)


      L:        Ibadah Pesta Peringatan Kelahiran Tuhan Yesus Kristus kita buka di gereja kita saat ini: Di dalam Nama Allah Bapa, Anak-Nya Tuhan Yesus Kristus, dan Nama Roh Kudus.
        J:  Amin !
L:  Sebab seorang Anak telah lahir untuk kita, seorang Putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahuNya, dan Nama-Nya disebut orang:
J:   Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang kekal, Raja Damai.
L:  Nyanyikanlah nyanyian baru bagi Tuhan, menyanyilah bagi Tuhan, hai segenap bumi! Ceritakanlah kemuliaan-Nya diantara bangsa-bangsa dan perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib di antara segala suku bangsa. Sujudlah menyembah kepada Tuhan dengan berhiaskan kekudusan, gemetarlah di hadapan-Nya, hai segenap bumi! Haleluya
         S:  (Menyanyikan: Haleluya!)
L:  Kita berdoa: Ya Allah Bapa kami yang ada di sorga! Puji-pujian, kemuliaan dan terima kasih kami persembahkan kepadaMu, karena Engkau memberikan Anak-Mu Tuhan Yesus Kristus kepada kami manusia yang hina ini. Dia menderita sengsara, lahir di kandang domba, supaya kami menjadi kaya. Ajar dan bimbinglah kami dengan Roh-Mu supaya kami mengenal kasih-Mu, yang Engkau nyatakan dalam Anak-Mu, Tuhan Yesus Kristus. Amin!            ------Duduk------

04. Bernyanyi BN. HKBP No. 46 : 1 + 10        Jauh dari surga datangKu


É  Jauh dari surga datang-Ku, Ku bawa b’rita bagimu. Selamat dan kesukaan, bagimu semua manusia.
É  Ya Yesus Kristus Tuhanku, tinggallah dalam hatiku. Berdiamlah Kau di sana, biar hidupku bahagia.

05. Membaca Hukum Tuhan: 


L :    Hukum Tuhan di Pesta Peringatan Kelahiran Tuhan Yesus Kristus hari ini, tertulis dalam  Yohannes 3 : 3  Yesus menjawab, kataNya: ”Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.” Demikianlah Hukum Tuhan. Marilah kita memohon kekuatan dari Tuhan:
S :   Ya Tuhan Allah, kuatkanlah kami untuk dapat melakukan hukum-Mu. Amin!

06. Bernyanyi BN. HKBP No. 595 : 1 + 3                      Siapakah bayi ini


É  Siapakah bayi ini, yang tidur di palungan? Malaikat bawa kabar baik ‘tuk gembala Efrata; berita kelahiran Juru s’lamat dunia. Mari sujud menyembah, Putra Tunggal Allah.

                 ------Berdiri------

É  Yang kaya atau miskin pun, datanglah kepada-Nya. Bawalah persembahanmu, kepada Yesus Raja. Bersorak-sorailah, memuji Allah kita. Bersukacitalah, menyanyikan nama-Nya.

07. Doa Pengakuan Dosa:

L : Di hadapan Tuhan di Puncak Pesta Peringatan Kelahiran Tuhan Yesus Kristus hari ini, selayaknyalah kita merenung, mengakui dan menyesali kekurangan dan pemberontakan kita kepada Tuhan. Marilah kita diam merenungkan segalanya sejenak.

                      ........Saat Teduh.......(Musik BN. HKBP No. 53:1)

L: Ya Tuhan Allah Bapa kami yang Mahakuasa. Kami berseru dan memanggil namaMu, karena kami susah dan gelisah mengingat segala dosa dan kejahatan kami. Kasihanilah kami orang berdosa ini. Ya Tuhan Yesus Kristus, Engkau telah datang ke dunia menjadi manusia, mati dan bangkit kembali serta naik ke surga untuk membela dan menyelamatkan kami.                                        
         S :  Menyanyikan BN. HKBP No. 53 : 2  “Di Betlehem t’lah lahir” 
Hatiku ’ku serahkan, ke dalam kasih-Nya. Semua ’ku serahkan diriku bagi-Nya. Amin, amin, diriku bagi-Nya.
L :  Kasihani dan kuatkanlah iman kami untuk bersyukur kepadaMu. Ya Roh Kudus Penghibur orang yang berduka. Tinggallah bersama kami agar kami senantiasa bergembira dan penuh gairah melakukan kehendakMu.  Engkaulah sumber pengasihan dan pengampunan, janganlah lupakan kami. Dengarlah doa permohonan kami ini ya Allah, Bapa, Anak dan Roh Kudus!
        S  :  Menyanyikan BN. HKBP No. 53 : 3    “Di Betlehem t’lah lahir” 
Ku ’kan mengasihi-Mu, ya Yesus Tuhanku. Selama aku hidup, ’ku taat pada-Mu. Amin, amin, ’ku taat pada-Mu.
L Yakin dan percayalah! Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang Tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Kemuliaan bagi Allah di tempat yang Mahatinggi! Amin!                                                    ------Duduk------

08. Bernyanyi BN. HKBP No. 602 : 1 + 5          Berita Natal Pertama


Æ   Berita Natal pertama, gembala berjaga di Efrata. Malaikat memb’ritakannya, Mesias t’lah lahir di dunia. Ref: Noel, Noel, Noel, Noel, T’lah lahir Raja Israel.

Æ   Dan Majus pun datang seg’ra sujud menyembah di hadapan-Nya. Persembahan dib’rikannya, emas maupun mir serta kemenyan. Ref:  Noel, Noel, ………
09. Membaca Epistel :  Mazmur  98 : 1 - 9
L: Epistel di Pesta Peringatan Kelahiran Tuhan Yesus Kristus, tertulis di Mazmur 98 : 1 – 9  Nyanyikanlah nyanyian baru bagi Tuhan, sebab Ia telah melakukan perbuatan-perbuatan yang ajaib; keselamatan telah dikerjakan kepada-Nya oleh tangan kanan-Nya, oleh lengan-Nya yang kudus.
J:  Tuhan telah memperkenalkan keselamatan yang dari pada-Nya, telah menyatakan keadilan-Nya di depan mata bangsa-bangsa.
L: Ia mengingat kasih setia dan kesetiaan-Nya terhadap kaum Israel, segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang dari pada Allah kita.
J: Bersorak-soraklah bagi Tuhan, hai seluruh bumi, bergembiralah, bersorak-sorailah dan bermazmurlah!
L: Bermazmurlah bagi Tuhan dengan kecapi, dengan kecapi dan lagu yang nyaring,
J: dengan nafiri dan sangkakala yang nyaring bersorak-soraklah di hadapan Raja, yakni Tuhan!
L: Biarlah gemuruh laut serta isinya, dunia serta yang diam di dalamnya!
J: Biarlah sungai-sungai bertepuk tangan, dan gunung-gunung bersorak-sorai bersama-sama
L: Di hadapan Tuhan, sebab Ia datang untuk menghakimi bumi. Ia akan menghakimi dunia dengan keadilan, dan bangsa-bangsa dengan kebenaran. Demikianlah Firman Tuhan, Berbahagialah orang yang mendengar Firman Tuhan serta memeliharanya dalam kehidupannya.”
S: Amin !

10. Koor  :

11. Bernyanyi BN. HKBP No. 48 : 2 - 3             Hai umat Kristen pujilah


É  Gerbang surga dibuka-Nya, kepada umat-Nya. Diutus Putra Tunggal-Nya, s’lamatkan dunia, s’lamatkan dunia.
-----Berdiri-----
É  T’lah ditinggalkan tahta-Nya di surga yang baka. T’lah dikosongkan diri-Nya menjadi manusia, menjadi manusia.

12. Pengakuan Iman Rasuli:


          L:  Marilah kita bersama saudara-saudara seiman mengakui iman kepercayaan kita, kita bersama mengakuinya:
         S :  “ Aku percaya . . . “ dst                   -----Duduk-----

13. Koor :

14. Pengumuman:

15. Koor :

16. Bernyanyi BN. HKBP No. 615 : 1… (Pers. IA/IB)           “Terdengar suarasH Bernyanyi m


Æ Terdengar suara malaikat menyanyikan pujian.                                                        Dari bukit, dari lembah kidung pujian bergema.                                                                                   Ref: Gloria, muliakan Tuhan. Gloria, muliakan Tuhan.
Æ Bergembiralah gembala sudah lahir Penebus.
Nyanyilah bersama-sama memuliakan Penebus.
Ref: ....        ------Musik------
Æ Pergilah wahai gembala, pergi dan bersujudlah.
Menyembah Sang Jurus’lamat, yang t’lah lahir di sana.
Ref: .....
Æ Lihatlah dalam palungan Jurus’lamat dunia.
Tuhan, Raja Alam raya dengan semua isinya.
Ref: .....      ------Musik------

17. Khotbah :  Yohanes  1 : 1 - 14

18. Bernyanyi BN. HKBP No. 62 : 1... (Pers. II)      ”Sukacita yang ceria  


É  Sukacita yang ceria, ‘ku b’ritakan padamu. Jurus’lamat manusia, t’lah lahir bagimu. Ref: Kemuliaan bagi Allah, dan damai, damai, bagi s’luruh dunia. Bagi semua manusia, yang berkenan pada-Nya.
É  Malam itu kelihatan, bintang indah cemerlang. Menyinari kegelapan, di hati yang kelam. Ref: ……  ------Musik------
É  Tuhan Yesus perdamaian, yang diutus Bapa-Nya. Dosa kita dihapus-Nya, di bukit Golgota. Ref: ……
É  Yesus t’rangi dan kuduskan hati sanubariku, agar aku berbahagia, berkat anug’rah-Mu. Ref:……. ------Musik-----

19. Pengutusan dikeseharian hidup :


Pdt : ”Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita!” Inilah berita menurut Injil Yohanes, yang memberi makna Natal bagi hidup kita. Nyatakanlah hidup Kristus di dalam diri kita, di tengah-tengah keluarga dan kehidupan bergereja. Sambut dan terimalah Dia berdiam di hati kita; biarlah Kristus memimpin kita pulang ke rumah dan tetap tinggal di keluarga kita masing-masing!
           J   :  (Menyanyikan BN. HKBP No. 518 : 1   “Sinar kasih Tuhan Yesus”
Sinar kasih Tuhan Yesus menerangi dunia,
Bagai pelita bersinar dalam dunia gelap.
Ref: Mari nyalakan pelita, dan terangi mereka.
Agar tiada yang celaka, dalam dunia kelam.
Pdt : Di dalam iman percaya kita hadir menyaksikan kelahiran Kristus di kandang domba di kota Betlehem. Kristus ada di hadapan kita, dan kita berlutut menyembah Dia. Sembah dan pujilah Dia dengan perbuatanmu, karyamu, di setiap nafas hidupmu. Hiduplah dalam damai yang dibawa oleh-Nya. Itulah hadiah terindah yang dapat kita persembahkan bagi Tuhan yang telah lahir itu.
           J  :  (Menyanyikan BN. HKBP No. 518 : 2      “Sinar kasih Tuhan Yesus
‘Ku sadari aku juga pernah jauh dari-Nya,
Kar’na sinar kasih Tuhan, ‘ku kembali pada-Nya.
Ref: ……
Pdt : Kita telah memakan roti dan meminum anggur sebagai tanda keselamatan dari-Nya. Melalui Perjamuan Kudus, kita telah menyatu dalam kematian dan kebangkitan-Nya. Nyatakanlah hidup dalam keseharianmu dengan menjalani hidup meneladani Tuhan Yesus Kristus.
             J :   (Menyanyikan BN. HKBP No. 518 : 3    “Sinar kasih Tuhan Yesus”
Kegelapan menutupi, jalan hidup pun kelam.
Banyak jiwa yang menanti sinar kasih yang terang.
Ref: ……...

20. Doa  Persembahan – Doa Kelahiran Yesus (Agenda HKBP) :


21.  ACARA PERJAMUAN KUDUS:

1.  Bernyanyi  BN. HKBP No. 449 : 1  “Yesus aku berteduh”
Ø Yesus aku berteduh, di dekat salib-Mu. Air hidup dari-Mu, melegakan aku. Salib-Mu, salib-Mu, ‘Ku puja selalu. Hingga tiba ajalku, itu nyanyiangku
2.  Agenda Persiapan Perjamuan Kudus

3.  Bernyanyi  BN. HKBP No. 152 : 1   “Yesus yang menanggung
Ø  Yesus yang menanggung, dosa umat manusia, s’lamatkan kami. Yesus yang menanggung, dosa umat manusia, s’lamatkan kami.  Yesus yang menanggung, dosa s’luruh dunia, b’rilah kami damai. Amin. Amin.

4.  Amanat Perjamuan Kudus  (Lihat Agenda)

5.  Perjamuan Kudus dilayankan (Sambil bernyanyi)
a.  Bernyanyi  BN. HKBP No. 213 : 1...       Yesus menghiburku
1. Yesus menghiburku, hatiku senang. Kendati derita penuh.
Tetap aku yakin kepada Tuhan, dihibur-Nya terus jiwaku.
 Ref: Bahagia, jiwaku. Dihibur-Nya terus jiwaku.
2.  Walaupun si iblis mengganggu terus, dan ingin menghancurkanku. Jiwaku selamat oleh Penebus, dan dosaku telah ditebus. Ref: …….
3.  Tuhanku menanggung semua dosaku,
 dibuang jauh dariku. ‘Tak satu dosaku dituntun kelak, dan  jiwaku pun kini tentram. Ref: …….  
4. Baik hidup pun mati ‘ku tidak gentar, Yesusku perlindunganku. Firman-Nya pedoman dan dasar iman, ‘ku percaya firman-Nya penuh. Ref:……..

b.  Bernyanyi BN. HKBP No. 227 : 1...  “Yesus Kau sumber”
1.  Yesus Kau sumber hidupku, Kau-lah perlindunganku.
Ku serahkan kepadaMu, s’luruh jalan hidupku.
2.  Nyatakanlah kepadaku, kasih pengorbananMu.
Inilah kerinduanku, ‘ku tetap di sisiMu.
3.  Jadikan aku muridMu, yang setia pada-Mu.
Dan ulurkanlah tanganMu, agar ku pegang teguh.
4.  Tuntun aku ya Tuhanku, pegang tanganku erat.
Agar jangan aku jauh, dari jalan yang benar.
5.  Bersama-Mu ‘ku melawan, dosa, hawa nafsuku.
Dan musuhku pun menghindar, bila Kau bersamaku.
6.  Roh Kudus-Mu memenuhi hati serta jiwaku.
Agar layak mewarisi, surga s’perti janji-Mu.

c.   Bernyanyi BN. HKBP No. 179 : 1... “Di sana ada mata air
1.  Di sana ada mata air, bagimu yang cemar.
    Airnya segar serta bersih, membuat kau senang.
2.  Yesus-lah mata air kudus, Raja dan Penebus.
    Dibersihkan-Nya dosamu, dihibur dukamu.
3.  Air hidup yang sesungguhnya, itulah darah-Nya
    Dicurahkan di Golgota, menebus umat-Nya
4.  Tuhan aku pun ikutlah dibasuh darah-Mu
    Kau mengasihi semua, yang datang pada-Mu.
5.  Penyamun seb’lah kanan-Mu di Bukit Golgota
    Dia dengarkan Firman-Mu dan menghayatinya.
6.  Dan pada saat itulah, selamat jiwanya
    Karena dia percaya, Kau Tuhan Rajanya.
7.  Aku pun selamatkanlah, jauhkan penyesat.
    Teguhkan imanku Tuhan, setia s’lamanya.
8.  Kuasa darah-Mu kudus, tertumpah bagiku
    Membasuh hati jiwaku, agar bersinar t’rus.
9.  Maka selama hayatku, ‘kupuji nama-Mu
    Cerialah nyanyianku, kelak di sisi-Mu.

        6. Bernyanyi BN. HKBP No. 9 : 1      “Ku puji kasih setia-Mu

             Ku puji kasih setia-Mu. Ya, Yesus Tuhan Rajaku.
           Jiwaku kini ‘ku serahkan, ku persembahkan pada-Mu
           Diriku tiada ku andalkan, hanya kasih-Mu ‘ku agungkan.

22. Doa Penutup Perjamuan Kudus (Sesuai Agenda)

23. Bersalaman, sambil bernyanyi BN. HKBP No.605 : 1...“Dunia Gemar”

1.  Dunia gemar dan soraklah, Rajamu sambutlah.
B’ri hatimu kepada-Nya. Bersama nyanyilah, bersama nyanyilah
Bersama-sama nyanyilah.
2.  Gunung dan laut serta lembah, semua ciptaan-Nya
Elukanlah yang Mulia. Bersoraklah terus, bersoraklah terus
Bersorak-soraklah terus.



SELAMAT HARI NATAL 25 DESEMBER 2016TAHUN BARU  1  JANUARI  2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN MINGGU ADVENT I 28 NOVEMBER 2021

MENYAMBUT KEDATANGAN TUHAN DALAM KEKUDUSAN (1 Tesalonika 3: 9-13) Surat ini ditujukan kepada komunitas pengikut Kristus di Tesalonika. L...