Selasa, 27 Desember 2016

ACARA IBADAH MALAM PENGHUJUNG TAHUN 2016

ACARA  IBADAH MALAM
PENGHUJUNG TAHUN 2016
SE-DISTRIK  XIX  BEKASI
Sabtu, 31  Desember  2016 
======================

01. Persiapan Ibadah :

L : Saudara-saudara yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus! Selayaknyalah kita bersukacita pada saat ini, karena kita telah sampai ke penghujung tahun 2016, karena itu patutlah kita mengakui:
J :  EBEN-HAEZER, SAMPAI DI SINI TUHAN MENOLONG KITA.
L :  Pada saat ini kita mensyukuri kasih setia Tuhan sehingga kita berkumpul di gereja ini. Mari datanglah ke hadapanNya dengan puji-pujian, muliakanlah namaNya, kita nyanyikan “Muliakanlah Allah”.

02. Bernyanyi BN.HKBP. 581 : 1 + 3                   “Muliakanlah Allah

1.  Muliakanlah Allah, kasih-Nya besar. Putra-Nya di b’rikan, ‘tuk dunia cemar. Manusia berdosa di s’lamatkan-Nya, Dia mati berkorban bagi umat-Nya. Pujilah, nama-Nya, hai umat manusia. Datanglah menyembah, muliakan nama-Nya. Terpujilah Allah kar’na hikmat-Nya. Di dalam Yesus, Jurus’lamat dunia.

                               -----Berdiri----

3. Betapa besar rahmat-Mu ya, Allah. Anugrah kasih-Mu, tiada taranya. Manusia berdosa, T’lah Kau s’lamatkan. Kau b’ri kehidupan di Surga baka. Ref: Pujilah....

03. Votum–Introitus–Doa  (L= Liturgis, J= Jemaat, S= Semua)


L :  Di dalam Nama Allah Bapa, dan Nama Anak-Nya Tuhan Yesus Kristus dan Nama Roh Kudus, yang menciptakan langit dan bumi.
J :   Amin.
L :  Hidup itu telah dinyatakan dan kami telah melihatnya dan sekarang kami bersaksi dan memberitakan kepada kamu tentang hidup kekal, yang ada bersama-sama dengan Bapa dan yang telah dinyatakan kepada kami. Haleluya
S :  (MenyanyikanHaleluya…Haleluya…Haleluya
L:   Kita berdoa: Ya Tuhan Allah, Bapa yang ada di surge! Kami mengucapkan terima kasih kepadaMu karena kasih sayangMu kepada kami. Engkau memberikan AnakMu yang Tunggal itu kepada kami, untuk menyelamatkan kami dari dosa dan kematian yang selama-lamanya. Kami memohon kepada Tuhan, terangilah hati kami yang gelap ini dengan Roh Kudus. Ajarlah kami supaya kami tau mengucapkan terima kasih kepadaMu, supaya kami terhibur juga di dalam kesengsaraan dan pencobaan karena AnakMu, Tuhan Yesus Kristus, Tuhan kami. Amin. -----Duduk----

04. Bernyanyi BN.HKBP. 758 : 3          “Tuhan b’ri pertolongan”         
   
3.  Tuhan perlindunganmu hai orang beriman.                               Tuhan yang memimpinmu ke jalan yang benar.                                   Supaya kau bahagia di dalam hidupmu.                                            Sekarang dan s’lamanya Yesus besertamu

05. Membaca Hukum Tuhan


L :  Dengarkanlah Hukum Tuhan di kebaktian Penghujung Tahun kita saa, yang diambil dari Markus 8 : 34, “Lalu Yesus memanggil orang banyak dan murid-muridNya dan berkata kepada mereka: Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.” Marilah kita meminta kekuatan untuk dapat melakukan hukumNya:
S :  Ya Tuhan, Allah, kuatkanlah kami melakukan yang sesuai dengan hukum-Mu. Amin

06.  Bernyanyi BN.HKBP. 695 : 2   “Aku milikMu Yesus”  
---berdiri---        
2. Tak terkatakan pergumulanku, sebelum Yesus jadi milikku.                 Yesus menghapus semua dosaku, damai di hatiku.                       Kasih setia Tuhanku. Kasih setia Tuhan padaku.                               Yesus menghapus semua dosaku, damai di hatiku.

07.  Pengakuan Dosa dan Janji Pengampunan Dosa:


L :  Marilah kita merendahkan diri di hadapan Tuhan dan mengaku segala dosa-dosa kita. Kita berdoa: Ya Tuhan Allah Bapa kami yang Mahakuasa. Kami berseru dan memanggil namaMu karena kami susah dan gelisah mengingat segala dosa dan kejahatan kami. Kasihanilah kami orang berdosa ini. Ya Tuhan Yesus Kristus, Engkau telah datang ke dunia menjadi manusia, mati dan bangkit kembali serta naik ke surga untuk membela dan menyelamatkan kami.
J :   Kasihani dan kuatkanlah iman kami untuk bersyukur kepadaMu.
L : Ya Roh Kudus penghibur orang yang berduka. Sembuhkanlah segala penyakit dan penderitaan kami karena dosa. Tinggallah bersama kami agar kami senantiasa bergembira dan penuh gairah melakukan kehendakMu. Engkaulah sumber pengasihan dan pengampunan, janganlah lupakan kami. Dengarlah doa permohonan kami ini ya Allah, Bapa Anak dan Roh Kudus.
          S :  (Menyanyikan) BN.HKBP. 733 : 2   “Yesus lawatlah hambaMu”
2.  Aku sujud menyembahMu, Yesus Tuhanku. Mohon belas kasihan-Mu,  b’rilah rahmatMu, Yesus Tuhan, dengar doaku. Janganlah Tuhan berlalu, b’rilah rahmatMu
L : Kita dengarkan janji Tuhan tentang pengampunan dosa kita: Demikianlah Firman Tuhan: Janganlah takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaanKu. Kemuliaan bagi Allah di tempat yang Mahatinggi!
          S : Ami-----duduk----

08.   Koor

09.   Bernyanyi BN.HKBP. 557 : 1              “Kasih setiaMu sungguh”


1. Kasih setiaMu sungguh lebih baik. Lebih mulia dari hidupku.        ‘Kupuji Dikau Tuhan Rajaku. Kasih setia-Mu sungguh lebih baik.

10. Epistel :


L: Mari kita membaca Epistel di Kebaktian Akhir Tahun kita ini, yang tertulis di 1 Rajaraja 3 : 5 - 24  kita membaca berganti-gantian: Di Gibeon itu Tuhan menampakkan diri kepada Salomo dalam mimpi pada waktu malam. Berfirmanlah Allah: “Mintalah  apa yang hendak Kuberikan kepadamu”.
J: Lalu Salomo berkata: "Engkaulah yang telah menunjukkan kasih setia-Mu yang besar kepada hamba-Mu Daud, ayahku, sebab ia hidup di hadapan-Mu dengan setia, benar dan jujur terhadap Engkau; dan Engkau telah menjamin kepadanya kasih setia yang besar itu dengan memberikan kepadanya seorang anak yang duduk di takhtanya seperti pada hari ini.
L: Maka sekarang, ya TUHAN, Allahku, Engkaulah yang mengangkat hamba-Mu ini menjadi raja menggantikan Daud, ayahku, sekalipun aku masih sangat muda dan belum berpengalaman.
J: Demikianlah hamba-Mu ini berada di tengah-tengah umat-Mu yang Kaupilih, suatu umat yang besar, yang tidak terhitung dan tidak terkira banyaknya.
L: Maka berikanlah kepada hamba-Mu ini hati yang faham menimbang perkara untuk menghakimi umat-Mu dengan dapat membedakan antara yang baik dan yang jahat, sebab siapakah yang sanggup menghakimi umat-Mu yang sangat besar ini?"
J: Lalu adalah baik di mata Tuhan bahwa Salomo meminta hal yang demikian.
L: Jadi berfirmanlah Allah kepadanya: "Oleh karena engkau telah meminta hal yang demikian dan tidak meminta umur panjang atau kekayaan atau nyawa musuhmu, melainkan pengertian untuk memutuskan hukum,
J: maka sesungguhnya Aku melakukan sesuai dengan permintaanmu itu, sesungguhnya Aku memberikan kepadamu hati yang penuh hikmat dan pengertian, sehingga sebelum engkau tidak ada seorang pun seperti engkau, dan sesudah engkau takkan bangkit seorang pun seperti engkau.
L: Dan juga apa yang tidak kauminta Aku berikan kepadamu, baik kekayaan maupun kemuliaan, sehingga sepanjang umurmu takkan ada seorang pun seperti engkau di antara raja-raja.
J: Dan jika engkau hidup menurut jalan yang Kutunjukkan dan tetap mengikuti segala ketetapan dan perintah-Ku, sama seperti ayahmu Daud, maka Aku akan memperpanjang umurmu."
L: Lalu terjagalah Salomo; ternyata ia bermimpi. Sekembalinya ke Yerusalem, berdirilah ia di hadapan tabut perjanjian Tuhan, dipersembahkannya korban-korban bakaran dan korban-korban keselamatan, kemudian ia mengadakan perjamuan bagi semua pegawainya.
J: Pada waktu itu masuklah dua orang perempuan sundal menghadap raja, lalu mereka berdiri di depannya.
L: Kata perempuan yang satu: "Ya tuanku! aku dan perempuan ini diam dalam satu rumah, dan aku melahirkan anak, pada waktu dia ada di rumah itu.
J: Kemudian pada hari ketiga sesudah aku, perempuan ini pun melahirkan anak; kami sendirian, tidak ada orang luar bersama-sama kami dalam rumah, hanya kami berdua saja dalam rumah.
L: Pada waktu malam anak perempuan ini mati, karena ia menidurinya.
J: Pada waktu tengah malam ia bangun, lalu mengambil anakku dari sampingku; sementara hambamu ini tidur, dibaringkannya anakku itu di pangkuannya, sedang anaknya yang mati itu dibaringkannya di pangkuanku.
J: Ketika aku bangun pada waktu pagi untuk menyusui anakku, tampaklah anak itu sudah mati, tetapi ketika aku mengamat-amati dia pada waktu pagi itu, tampaklah bukan dia anak yang kulahirkan."
L: Kata perempuan yang lain itu: "Bukan! anakkulah yang hidup dan anakmulah yang mati." Tetapi perempuan yang pertama berkata pula: "Bukan! anakmulah yang mati dan anakkulah yang hidup." Begitulah mereka bertengkar di depan raja.
J: Lalu berkatalah raja: "Yang seorang berkata: Anakkulah yang hidup ini dan anakmulah yang mati. Yang lain berkata: Bukan! Anakmulah yang mati dan anakkulah yang hidup."
L: Sesudah itu raja berkata: "Ambilkan aku pedang," lalu dibawalah pedang ke depan raja. Demikianlah Firman Tuhan. Berbahagialah orang yang mendengar Firman Allah serta memeliharanya.
S: Amin
      
11.  Koor

12. Bernyanyi BN.HKBP 753 : 1           “Tiap langkahku”


1.    Tiap langkahku di atur oleh Tuhan dan kasih sayang-Mu menuntunku. Kaulah ‘ku puja sepanjang hidupku, ‘ku tetap senang bersama-Mu. Kar’na ‘ku tau Kau Tuhan menuntunku, ke tempat tinggi Kau menghantarku. Sampai ‘ku tiba di akhir jalanku, di Surga rumah-Mu ya Allahku

13. Renungan Akhir Tahun


L :  Kita akan mengakhiri tahun 2016 dan akan memasuki tahun yang baru tahun 2017. Bila kita sejenak melihat ke belakang, perjalanan yang telah kita lalui selama satu tahun ini, kita sungguh merasakan perjalanan hidup kita hanya karena anugerah penyertaan Tuhan sehingga kita mampu melewatinya. Waktu terus berjalan, bahkan disaat kita telah letih berjalan, tidak ada seorang pun yang mampu menghentikan waktu, kecuali hanya Tuhan. Waktu terus berjalan, sehingga kita sampai di penghujung tahun 2016 ini. Apakah kesaksian kita di perjalanan hidup selama satu tahun ini?
J :  Pujilah Tuhan, hai jiwaku! Pujilah Nama-Nya yang kudus, hai segenap batinku!
L :  Menjalani tahun 2016 ini, mungkin banyak batu-batu tajam yang menghambat perjalanan kita. Dengan kesungguhan hati kita melakukan tugas-tugas kita, tetapi kita sering mengalami kegagalan. Mungkin ada di antara kita yang tersesak, terbeban berat dan meratap di dalam hati, karena peristiwa hidup yang tidak diharapkan, namun tetap terjadi, baik di diri maupun keluarga. Kita sudah melewati Tahun Keluarga HKBP 2016 yang bertemakanMenjadi keluarga yang beribadah kepada Tuhan”. Di penghujung tahun ini, apakah kesaksian kita di hadapan Tuhan?
J :   Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada Tuhan!
L :      Firman Tuhan dalam Epesus 5:15-16 mengatakan: Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.  Kita akan meninggalkan tahun 2016, mari kita merenungkan diri kita dan bertanya pada hati kita: Apakah kita sudah mempergunakan waktu dengan melakukan perbuatan-perbuatan yang baik? Jangan-jangan banyak waktu yang kita buang percuma dengan melakukan perbuatan yang tidak Tuhan kehendaki.
J :   Ajarlah kami memakai waktu yang Tuhan anugerahkan, supaya kehendakMu sajalah yang kami kerjakan, dan kami lebih takut terhadap Tuhan daripada terhadap manusia.
L :  Firman Tuhan di Filipi 3:12-14 mengatakan: Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna, melainkan aku mengejarnya, kalau-kalau aku dapat juga menangkapnya, karena akupun telah ditangkap oleh Kristus Yesus. 
      Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku, dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Yesus Kristus.
      Tahun yang baru akan kita masuki, tahun 2017. Lupakanlah kegagalan-kegagalan pada waktu yang lalu, yang bisa membuat kita pesimis menjalani tahun 2017 yang akan segera tiba. Demikian juga dengan keberhasilan-keberhasilan di waktu yang lalu, janganlah membuat kita terpukau dan terlena sehingga malas berbuat yang lebih baik lagi. Lakukanlah yang baik terhadap semua orang, mengisi tahun yang akan dianugerahkan Tuhan. Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.

          S : (Menyanyikan) BN. HKBP. 747 : 1 - 2    “Aku berjalan berlelah

1.    Aku berjalan berlelah mendaki jalan mulia. Tetap doaku inilah; “Tuhan mantapkan langkahku.” Ya Tuhan bawa diriku, makin dekat kepadaMu. Ke tempat tinggi Surga-Mu. Tuhan mantapkan langkahku.
                    -------Berdiri------
2.    Aku tak mau di dalam g’lap di dalam bimbang dan resah. Yang selalu ‘ku rindukan, tempat tinggi-Mu ya Tuhan.
Ya Tuhan bawa diriku, makin dekat kepada-Mu. Ke tempat tinggi Surga-Mu. Tuhan mantapkan langkahku.
L :  Marilah kita mengakui iman kepercayaan kita sebagaimana saudara seiman di seluruh dunia. Kita mengakuinya:
S :  Aku Percaya kepada Allah Bapa…..  -----duduk----

14. Koor

15. Marende BN. HKBP. 123 : 3                    “Hai saudara yang sehati”


3.  Persatukanlah ya Tuhan, yang percaya pada-Mu. Rukun dalam kasih sayang, seperti perintah-Mu. Menegakkan keadilan itulah amanah-Mu. Berkati persekutuan-Mu dalam sinar terang-Mu.  

16. Pembacaan :


·       Bericht Gereja                :  Pimpinan Gereja
·       Statistik Gereja               :  Sekretaris
·       Lap. Keuangan Gereja     :  Bendahara Gereja

17. Bernyanyi BN. HKBP. 672 : 1            “Sungguh banyak kerja”
             
1. Sungguh banyak kerja dan kewajibanmu, dalam tugas pelayananmu. Giatlah bekerja, jadikan dirimu, suri dan teladan jemaatmu.             Serahkan hidupmu, tunaikan tugasmu, tanpa pamrih demi Tuhanmu. Tuhan Allah memb’ri berkat dan rahmat-Nya, dalam seluruh pelayananmu.

18. Kata Sambutan:           1. Salah seorang utusan jemaat                                          
                                      2. Salah seorang Parhalado

19. Bernyanyi BN.HKBP. 672 : 3              “Sungguh banyak kerja”     


3. Bawalah terangmu ke dunia kelam, Firman hidup t’rang kes’lamatan. Memb’ri pertolongan, juga penghiburan,                                                  bagi orang lapar dan sengsara.                                                           Serahkan hidupmu, tunaikan tugasmu, tanpa pamrih demi Tuhanmu. Tuhan Allah memb’ri berkat dan rahmat-Nya, dalam seluruh pelayananmu.

20. Doa Syafaat

21. Bernyanyi BN. HKBP. 826 : 1…“Dengan Firman-Mu”  (Pel. 1a,1b) 

1.    Dengan Firman-Mu penuhi hatiku. Dengan Firman-Mu penuhi hatiku. Aku bagaikan tempayan yang kosong di smumurMu. Dengan Firman-Mu penuhi hatiku. 
2.    Dengan Firman-Mu penuhi hatiku. Dengan Firman-Mu penuhi hatiku. Hatiku haus dan rindu mendengarkan Firman-Mu, dengan Firman-Mu penuhi hatiku.                  
    -------Musik------
3.    Dengan Firman-Mu penuhi hatiku. Dengan Firman-Mu penuhi hatiku. Agar imanku bertumbuh kar’na dengar Firman-Mu, dengan Firman-Mu penuhi hatiku.

22.  Khotbah: Yohannes  8 : 12 - 19
23.  Bernyanyi BN. HKBP. 754 : 1… “Berlimpah sukacita” (Pers. II)


1.  Berlimpah sukacita dihatiku, dihatiku, dihatiku.                                 Berlimpah sukacita dihatiku, di dalam hatiku.                                 Bersukacita, didalam Tuhan. Kasih Tuhan s’lalu bersamaku. Bersukacita di dalam Tuhan, Kasih Tuhan s’lalu bersamaku  
2.  Damai sejaht’ra ada dihatiku, dihatiku, dihatiku.                                  Damai sejah’ra ada dihatiku s’lalu dihatiku.
Sersukacita....                  -----Musik----
3.  Kasih Yesusku s’lalu dihatiku, dihatiku, dihatiku.                                    Kasih Yesusku s’lalu dihatiku, Yesus dihatiku.
Bersukacita. ...
4.  Tiada lagi dosa di hatiku, di hatiku, di hatiku.
Tiada lagi dosa di hatiku, tiada dosaku.
Bersukacita ....
5.  Penuh bahagia s’lalu di hatiku, di hatiku, di hatiku.                                Penuh bahagia s’lalu di hatiku, s’lalu di hatiku
Bersukacita.....

24. Pengutusan : (P = Pendeta, J= Jemaat, S= Semua) ---berdiri---


P :  Saudara-saudara, sebentar lagi akan kita tinggalkan tahun 2016, dan akan kita masuki tahun yang baru, tahun 2017. Dalam mengakhiri tahun 2016 dan meawali tahun 2017, Firman Tuhan telah memberangkatkan kita: mengikut Yesus memperoleh terang hidup, karena itu tetaplah berjaga-jaga dan giatlah selalu melakukan pekerjaan yang dikehendaki Tuhan, sehingga perjalanan ke depan disinari terang hidup dari Tuhan.
J :  Firman-Mu adalah pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.
P :  Dalam penyertaan Tuhan, bersukacitalah memasuki tahun 2017. Di tahun yang akan kita jalani, marilah kita semakin bersungguh-sungguh dan giat melakukan pekerjaan Tuhan, selalu setia berbuat baik. Berangkatlah, tunjukkanlah jati dirimu di tengah-tengah dunia ini. Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang. Tuhan sudah dekat! Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.
       S :  (Menyanyikan) BN. HKBP. 763 : 1  “Bila Yesus sertamu”     
Bila Yesus sertamu, s’lamatlah. Yesus yang menolongmu, s’lamatlah. Imanmu s’makin teguh, pengharapanmu penuh, Yesus dalam hidupmu, s’lamatlah.
S’lamatlah jiwamu, bila Yesus sertamu, s’lamatlah. “Kan bersinar bagimu bintang pengharapanmu, bila Yesus sertamu, s’lamatlah

25. Doa PersembahanDoa Bapa Kami Berkat

Pemberitahuan :
Baiknya semua jemaat melaksanakan acara kebaktian keluarga mengakhiri tahun 2016 dan mengawali 2017.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN MINGGU ADVENT I 28 NOVEMBER 2021

MENYAMBUT KEDATANGAN TUHAN DALAM KEKUDUSAN (1 Tesalonika 3: 9-13) Surat ini ditujukan kepada komunitas pengikut Kristus di Tesalonika. L...