Rabu, 13 Juni 2018

PENELAAHAN ALKITAB REMAJA SENIN 4 JUNI 2018

PENELAAHAN ALKITAB (PA) REMAJA

HKBP PONDOK GEDE RESORT PONDOK GEDE

DI RUMAH

MELLY MANULLANG

JL SPG VII RT.07/09 No. 8 KEL. L. BUAYA-Senin, 4 Juni 2018













1.  Bernyanyi BN. HKBP No. 4: 1-2 Sekarang b’ri syukur BL.148 F=Do

1.      Sekarang b’ri syukur, kepada Tuhan Allah
Raja dan Khalikmu, seluruh jagad raya
Roh, tubuh, jwamu, muliakan namaNya
Berkat-Nya bagimu kekal selamanya

2.      Tuhan Allah memb’ri, anak-Nya Yesus Kristus
Kasih-Nya tak terp’ri, wujud-Nya dalam Kristus
Manusia ditebus, dengan darah kudus
Oleh-Nya kita pun, bersyukurlah terus

2.  Doa Pembuka

3.  Pembacaan Nats: Matius 25:14-30

4.  Penjelasan

Tentang 3 orang hamba yang diberi talenta masing-masing 5, 2, dan 1. Yang 5 dan 2 mengembangkan talenta yang dipercayakan, sedangkan orang yang ke 3 menimbunnya. Dan kemudian Tuhan memuji yang memiliki 5 dan 2 talenta, dan mengecam orang yang punya 1 talenta. Ada beberapa point penting dari kisah ini.

1. Talenta diberi kepada semua orang

Setiap orang yang telah dipanggil untuk percaya kepada Tuhan diberi talenta. Ay.14 menuliskan “Sebab hal Kerajaan sorga sama seperti orang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hamba-Nya dan mempercayakan hartanya kepada mereka.” Kata Yunani memanggil, berasal dari kata “kaleo” yang sama dipakai ketika Tuhan memanggil orang-orang untuk percaya kepada-Nya (Ekklesia=Gereja). Kita adalah orang-orang yang sudah dipanggil dari gelap ke dalam terang Tuhan. Setiap orang yang sudah dipanggil, dipercayakan minimal 1 talenta. Jadi tidak ada orang percaya yang boleh mengatakan tidak punya talenta apa-apa”, tak bias melayani. Pada zaman Perjanjian Baru, talenta merupakan satuan mata uang. 1 talenta ukuran timbangan sebesar 3000 syikal (kurang lebih 34 kg) bernilai sangat besar sama dengan 6000 dinar. Harga 1 dinar sama dengan upah pekerja dalam 1 hari. Jadi 1 talenta bernilai upah pekerja 6000 hari bukan? Nah 6000 hari itu jika saya bagi hari kerja (yang mungkin setahun 310 hari kerja jika dipotong hari libur dan hari sabat) maka kita menemukan bahwa 1 talenta itu sama dengan upah kerja 19 tahun. Karena itu bersyukurlah untuk talenta yang kita punya berupa kepandaian, kemampuan main musik, bernyanyi, kemurahan, memberi, kekayaan, pengalaman-pengalaman kita, keluarga kita, karakter kita, dan sebagainya.



2. Talenta merupakan pemberian Allah

Janganlah mengatakan tidak mempunyai talenta sama sekali. Namun, jangan pula setiap kita yang dipercayakan banyak menjadi sombong diri. Tuhan mempercayakan talenta kepada kita untuk kita kelola dan bukan untuk disombongkan, dan juga bukan untuk diremehkan.

3. Setiap orang diberi menurut kesanggupan.

Tuhan memberi kepada setiap kita talenta, menurut kesanggupan kita. Ada yang diberi banyak ada juga yang diberi sedikit. Ada yang dapat melayani di berbagai bidang, menulis buku, memimpin pujian, berkhotbah, bermain musik, dsb. Ada juga yang diberi kemampuan untuk bersosialisasi yang baik, walaupun tidak mempunyai kepandaian. Ada juga yang mungkin dititipkan harta yang banyak untuk melayani gereja. Ada juga yang diberikan ketekunan untuk menjalankan tugas-tugas administrasi yang memang membutuhkan ketelatenan. Setiap orang memiliki talentanya masing-masing.

4. Tuhan mengkehendaki kita mengembangkan talenta kita, bukan memendamnya / mendiamkannya.

Sewaktu sang tuan pergi setelah memberikan talenta kepada masing-masing hamba-Nya, hamba yang memiliki 5 dan 2 talenta bekerja keras dan berupaya untuk melipatgandakan talenta yang mereka miliki. Alhasil mereka berhasil dan akhirnya mendapatkan 10 dan 4 talenta. Namun hamba yang ketiga itu berbeda, ia menimbun talenta itu. Ia berdiam diri dan tidak mau mengembangkannya. Alhasil tentu saja hasil yang diperoleh tetap sama yaitu 1 talenta.

5.  Diskusi

·         Siapakah Anda dalam mengelola talentamu?
·         Apa rencanamu untuk meningkatkan talentamu?

6.  Bernyanyi KJ. No. 25:1 Firman-Mu Tuhan Allahku BL.181 Es=Do

Firman-Mu Tuhan Allahku, tak ternilai bagiku.
Kujadikan peganganku, di tiap langkah hidupku.
Kalau bukan Firman Tuhan, dasar iman umat-Mu.
Apakah dasar yang kuat, selain Firman Tuhanku.

7.  Doa Syafaat

8.  Bernyanyi BN. HKBP No. 227:1-2 Yesus Kau sumber BL.26 As=Do (Persembahan)

1.      Yesus Kau sumber hidupku, Kaulah perlindunganku.
          ‘Ku serahkan kepada-Mu, s’luruh jalan hidupku.

2.      Nyatakanlah kepadaku, kasih pengorbanan-Mu.
          Inilah kerinduanku, ‘ku tetap di sisi-Mu.


9. Doa Bapa Kami-Berkat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN MINGGU ADVENT I 28 NOVEMBER 2021

MENYAMBUT KEDATANGAN TUHAN DALAM KEKUDUSAN (1 Tesalonika 3: 9-13) Surat ini ditujukan kepada komunitas pengikut Kristus di Tesalonika. L...