Kamis, 18 Mei 2017

BAHAN AJAR ETIKA PELAJAR SIDI



ISTILAH YUNANI 


UNTUK KASIH
























1. Storge (storge)

2. Philia (pilia)

3. Eros (eros)

4. Agape (agape)


1.  Storge (storge) ialah kasih dalam keluarga, kasih orangtua kepada anak dan kasih anak-anak kepada orangtuanya dan kasih kepada sesama anak-anak. Kasih kepada ikatan-ikatan keluarga turunan darah (primordial).

2.     Philia (pilia) ialah kasih kepada sahabat, teman. Manusia tidak mungkin hidup tanpa kehadiran teman atau sahabat (solidaritas). Bisa saja positif dan negatif. Kehadiran sahabat dapat menguatkan antara satu dengan yang lain, agar berjalan di dalam kebenaran. Tetapi boleh juga saling mengajak satu dengan yang lain agar terus berjalan di jalan yang keliru (negatif), perbuatan yang melanggar hukum.

3.   Eros (eros) ialah kasih romantik. Kasih dalam seksual, tetapi janganlah diartikan secara secara dangkal, karena ada kemungkinan perbuatan seksual dilakukan tanpa kasih eros (eros)  (misalnya prostitusi, pelacuran). Sebaliknya boleh mungkin terjadi seseorang merasakan kasih eros tanpa terjadi hubungan seksual. Lebih jauh kita katakan kasih eros ialah kasih yang ingin menyatu dengan yang indah, yang menarik, yang cantik dan yang hebat.

Bagi filsuf Plato kasih eros ialah dorongan untuk bersatu dengan yang absolute (yang tidak terbatas). Ada 2 halak pokok dengan kasih eros:
1. Kasih karena ada sesuatu yang menarik.
2. Kasih yang ingin untuk memiliki.


4.  Agape (agape). Dalam lingkungan kebudayaan Yunani agape berarti senang dengan atau menyukai sesuatu dalam lingkungan budaya Yunani. Istilah ini tidak begitu berarti, tidak begitu penting. Tetapi Alkitab Perjanjian Baru mempergunakannya dengan memberi arti tertentu yaitu yang berhubungan dengan Allah dan diri Yesus Kristus serta karya-karya-Nya.
Ada 2 pokok kasih agape, yaitu:
1.  Kasih yang tidak memperhitungkan jasa yang telah diberikan.
2.  Kasih yang mencari untuk memberi, dengan singkat agape adalah kasih memberi.


(hajut:  Nikson simangunsong)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN MINGGU ADVENT I 28 NOVEMBER 2021

MENYAMBUT KEDATANGAN TUHAN DALAM KEKUDUSAN (1 Tesalonika 3: 9-13) Surat ini ditujukan kepada komunitas pengikut Kristus di Tesalonika. L...