Kamis, 02 Januari 2020

RENUNGAN MINGGU SETELAH TAHUN BARU, 5 JANUARI 2020

KASIH KARUNIA DAN KEBENARAN

DALAM YESUS KRISTUS


(Yohanes 1: 14-18)





Tujuan Injil Yohanes kita boleh tahu dari Yohanes 20:30-31. “Memang masih banyak tanda lain yang dibuat Yesus di depan mata murid-murid-Nya, yang tidak tercatat dalam kitab ini, tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.” Yohanes memperkenalkan, memperlihatkan Yesus Kristus kepada pembacanya, bahwa sesungguhnya, Yesus itu Allah dalam bentuk Manusia. Untuk tujuan membawa orang-orang menerima karya keselamatan Yesus Kristus melalui iman. Yohanes memulai Injil ini dengan, “Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.” Yohanes memperkenalkan Yesus dengan sebuah istilah yang dikenal baik oleh pembaca dari kalangan Yahudi maupun non-Yahudi, sebagai “Logos” (Firman). Merupakan kata yang umum dalam filsafat Yunani dan pemikiran Yahudi pada saat itu. “Firman” dipahami sebagai sesuatu yang digunakan untuk melakukan kehendak Allah (Mzm 33:6, 107:20, 119:89, 147:15-18).

Bagi pembaca kalangan Yahudi, dengan memperkenalkan Yesus sebagai “Firman”, Yohanes membawa mereka kembali pada Perjanjian Lama di mana logos atau “Firman Allah’ terkait erat dengan perwujudan wahyu Allah.

Dalam filsafat Yunani, istilah logos digunakan untuk menjelaskan keberadaan pihak perantara, yang menjadi perantara Allah dalam menciptakan segala sesuatu dan berkomunikasi dengan mereka. Dalam sudut pandang orang Yunani, logos dianggap sebagai jembatan antara Allah dengan alam semesta ini.

Yesus Kristus bukanlah hanya merupakan penjelmaan dari wahyu Allah seperti yang dipikirkan oleh orang Yahudi, namun merupakan perwujudan Allah itu sendiri dalam bentuk daging. Yohanes mencatat perkataan Yesus pada Filipus: “Kata Yesus kepadanya: ‘Telah sekian lama Aku bersama-sama dengan kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.’” (Yoh. 14:9).
Yesus adalah Firman Allah yang hidup, yang sepenuhnya Allah dan sepenuhnya manusia, yang mendatangi manusia untuk menebus dosa semua orang yang percaya kepada-Nya. Pertobatan merupakan syarat utama menerima-Nya, sebagaimana yang diserukan oleh Yohanes Pembaptis. Bertobatlah dan lakukanlah firman Tuhan!

Doa:    Kami bersyukur atas kasih karunia dan kebenaran dalam Yesus Kristus yang menyelamatkan orang yang berdosa! Amin. Selamat hari Minggu! (NS).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN MINGGU ADVENT I 28 NOVEMBER 2021

MENYAMBUT KEDATANGAN TUHAN DALAM KEKUDUSAN (1 Tesalonika 3: 9-13) Surat ini ditujukan kepada komunitas pengikut Kristus di Tesalonika. L...