Kamis, 02 Mei 2019

RENUNGAN MINGGU MISERIKORDIAS DOMINI, 5 MEI 2019

MILIKILAH MASA DEPAN 

YANG LEBIH BAIK

(Yeremia 33:10-13)

Kemampuan kita melihat, memahami dan memaknai setiap persoalan yang kita hadapi akan menentukan bagaimana kita menyikapinya. Ada orang yang berputus asa, ada yang tidak peduli, tetapi ada juga yang berusaha keluar dengan rasa optimis dan pengharapan yang kuat. Tetapi yang pasti semua mereka yang tengah mengalami pergumulan kehidupan sangatlah membutuhkan pendampingan dan penyertaan dari orang lain. Membutuhkan penghiburan, motivasi dan kekuatan baru. Penderitaan, pergumulan yang kita hadapi boleh jadi bersumber dari beberapa hal, boleh jadi kita menderita akibat dari apa yang kita lakukan, ataupun dari luar diri kita seperti penolakan dari orang sekitar kita akan keberadaan serta apa yang kita kerjakan.

Bangsa Israel yang tengah menderita dalam pembuangan ke Babel adalah merupakan akibat dari perilaku mereka yang menyimpang dari ketentuan jalan Tuhan. Mereka tidak lagi seturut dengan firman Allah, melakukan peribadahan kepada dewa-dewa Baal dengan meninggalkan Tuhan. Tidak lagi mau mendengarkan seruan/nubuatan Nabi yang sesungguhnya (menolak nabi Yeremia serta seluruh isi nubuatannya, bahkan menangkap dan memenjarakan Yeremia), dan bahkan mengangkat nabi-nabi palsu yang dapat diatur dan diarahkan oleh pemerintah sesuai dengan keinginan pemerintah saat itu seperti Hanaya dan Passur.

Mereka terbuang dan ditawan ke Babel, Yerusalem dihancurkan demikian juga Bait Allah, Yerusalem kosong. Mereka merindukan masa-masa bahagia mereka di Yerusalem juga dengan kemakmuran yang pernah mereka alami. Tuhan menjawab kerinduan mereka dengan menyuarakan rancangan pembebasan yang akan Tuhan anugerahkan kepada bangsa itu. Tuhan akan melakukan pemulihan yang besar, umat itu akan kembali dipenuhi kegirangan dan sukacita, akan ada nyanyian sukacita dalam Bait Allah saat menghantarkan persembahan dengan seruan: ”Bersyukurlah kepada TUHAN semesta alam, sebab TUHAN itu baik, bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.“ Pernyataan ini menjelaskan bagaimana Tuhan yang penuh belas kasih karunia akan memberikan mereka masa depan yang lebih baik, masa depan yang baru yang penuh sukacita. Dan bagaimana sukacita akan memenuhi kehidupan umat tebusanNya, setelah segala penderitaan dan perkabungan itu digantikan oleh penebusan-Nya.


Kebangkitan Yesus memberikan kita penghiburan dan pengharapan baru akan kehidupan yang akan datang, dan bagi orang percaya akan kebangkitan-Nya, baginya tidak ada yang mustahil. Kebangkitan Yesus juga membangkitkan iman pengharapan kita, memotivasi kita untuk semakin berubah dalam iman, moralitas serta kesetiaan kita akan Tuhan, juga melahirkan semangat kesaksian kita dengan mengatakan: ”Kasih karunia Tuhan memenuhi seluruh bumi“ untuk itu mari kita mensyukuri segala anugerah Tuhan.” Miserikordias Domini: Bumi penuh dengan kasih setia Tuhan.”Amen. Selamat hari Minggu. (HS).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN MINGGU ADVENT I 28 NOVEMBER 2021

MENYAMBUT KEDATANGAN TUHAN DALAM KEKUDUSAN (1 Tesalonika 3: 9-13) Surat ini ditujukan kepada komunitas pengikut Kristus di Tesalonika. L...