Kamis, 09 Mei 2019

RENUNGAN MINGGU JUBILATE, 12 MEI 2019

TINGGAL DAN BERBUAH DI DALAM YESUS

(Yohanes 15: 1-8)







Bertumbuh di dalam Tuhan bukanlah sebuah pilihan. Seseorang tidak bisa mengatakan, “aku mau menjadi orang Kristen, tapi aku tidak mau bertumbuh.” Bertumbuh adalah sesuatu yang ditentukan bagi setiap orang yang menyebut dirinya pengikut Kristus. Yohanes 15: 2 dan 4 berkata: “Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah….. demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.” Pohon yang tidak bertumbuh tidak akan menghasilkan buah. Ini adalah alasan pertama kenapa seseorang perlu bertumbuh yaitu untuk menghasilkan buah yang lebat. Tuhan mengharapkan kehidupan rohani kita menghasilkan buah. Bertumbuh adalah satu-satunya cara agar kita menghasilkan buah.

Alasan kuat lain kenapa seseorang perlu bertumbuh dalam Kristus adalah masa sulit di akhir zaman. Hari-hari ini kekuatan kegelapan semakin bertambah besar dan selalu mencoba untuk menggoyahkan iman kita. Sebagaimana Yesus telah katakan sendiri di sepanjang kitab Matius 24, hari-hari terakhir akan semakin berat untuk dijalani.

Ada orang yang sebelumnya berapi-api mengikut Tuhan, akan atau telah dipadamkan oleh berbagai-bagai macam pergumulan dan persoalan, dan akhirnya keluar dari jalan Tuhan. Kalau kekuatan kegelapan terus bertumbuh, maka kekuatan terang pun harus lebih kuat bertumbuh, untuk terus dapat melawan kegelapan itu. Pertumbuhan rohani di dalam Kristus adalah satu-satunya jalan untuk dapat mengatasi kesusahan akhir jaman. Dengan melakukan kehendak Tuhan seperti Paulus ”Sebab itu jadilah penurut-penurut Allah, seperti anak-anak yang kekasih…” (Ef.5). Sebagai anak, sebagai suami istri, sebagai tuan atau budak, hendaklah menghasilkan pertumbuhan, yang kemudian akan memampukan kita untuk lebih baik mendengarkan suara Tuhan dan menangkap apa langkah-langkah yang Tuhan ingin kita lakukan. Setelah tinggal dan berbuah di dalam Yesus Kristus dengan melakukan apa yang Ia inginkan, maka kita bertumbuh dan menghasilkan banyak buah yang baik sekaligus juga memampukan kita untuk menghadapi dan melawan godaan pergumulan hidup.

Sebaliknya, kegagalan untuk melakukan apa yang diinginkan Tuhan akan mengakibatkan mandeknya pertumbuhan rohani di dalam Kristus.

D
oa: Ya Allah Bapa dalam Nama Yesus Kristus Tuhan! Aku menyerahkan hatiku kepada-Mu. Singkirkanlah dari hidupku segala halangan yang merintangi diriku untuk bertumbuh dan berbuah seturut kehendak-Mu. Aku mengasihi Engkau, dalam Nama Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamatku. Amin. Selamat hari Minggu! (NS).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN MINGGU ADVENT I 28 NOVEMBER 2021

MENYAMBUT KEDATANGAN TUHAN DALAM KEKUDUSAN (1 Tesalonika 3: 9-13) Surat ini ditujukan kepada komunitas pengikut Kristus di Tesalonika. L...