Sabtu, 14 Oktober 2017

TORTOR HATA SO PISIK - MARHUSIP WIJK 4 DOHOT WIJK 5 HKBP PONDOK GEDE


Gondang Naposobulung Tortor Marhusip

Tortor Naposobulung untuk kalangan muda-mudi Batak salah satunya adalah Tortor Marhusip. Tortor Marhusip mempertemukan pemuda-pemudi Batak berjumpa dengan jodohnya. Irama musik dari Tortor Marhusip ini pun unik didengar, sehingga pada bagian tertentu dalam musik gondang tersebut pasangan panortor pun akan saling mendekat guna membisikkan isi hatinya kepada pujaan hatinya yang turut dalam kesempatan manortor tersebut.
Panortor akan menyorakkan kegembiraannya manakala isi hatinya sudah disampaikan kepada sang pujaan hatinya. Sang laki-laki meletakkan ulosnya di pundak perempuan pilihan hatinya, atau menyematkan pucuk daun ara di ramput pujaannya. Kemudian mereka akan berbisik membuat janji, seiring irama musik gondang. Sungguh kesempatan baik, baik pemudi-pemudi Batak pada jaman dahulu, ketika pasilitas hidup daerah agraris Tapanuli masih sangat terbatas jika dibandingkan dengan kehidupan sekarang ini. Setiap pemuda-pemudi Batak akan sangat menanti kesempatan.
Kesempatan ini boleh ada pada saat pesta Bulan Tula, Pesta Tugu marga, pesta Saur Matua atau Sari Matua, Pesta Unjuk, Pesta Marga, Pasahat Sulangsulang, dll, dsb.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN MINGGU ADVENT I 28 NOVEMBER 2021

MENYAMBUT KEDATANGAN TUHAN DALAM KEKUDUSAN (1 Tesalonika 3: 9-13) Surat ini ditujukan kepada komunitas pengikut Kristus di Tesalonika. L...