Jumat, 21 Oktober 2016

PENELAAHAN ALKITAB (PA) REMAJA AMSAL 22:6














PENELAAHAN ALKITAB (PA) REMAJA
HKBP PONDOK GEDE RESORT PONDOK GEDE
Jumat, 21 Oktober 2016

REMAJA 
ANAK MUDA YANG TERDIDIK




1. Bernyanyi KJ.No.10:1-2 “PujilahTuhan, Sang Raja”

Pujilah Tuhan, Sang Raja yang Maha mulia!
Segenap hati dan jiwaku, pujilah Dia!
Datang berkaum, brilah musikmu bergaung, angkatlah puji-pujian!

          Pujilah Tuhan, segala kuasa padaNya!
          Sayap kasihNya yang aman mendukung anakNya!
          Tiada terp’ri yang kepadamu dib’ri ;Tidakkah itu kau rasa?

2. Doa Pembuka

3. Pembacaan Nats: Amsal 22:6 
Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.

4. Penjelasan

Pengantar
Dalam zaman elektronik serba cepat ini, anak-anak tumbuh lebih cepat dan ingin bebas lebih awal dibandingkan yang dulu dialami oleh orang tua mereka. Banyak orangtua yang merasa sulit mengikuti perubahan-perubahan kilat yang dialami anak-anak mereka, dan sebagai akibatnya, terjadilah pertentangan. Rasanya, tadinya si anak masih dalam pelukan orangtuanya, kemudian mulai sekolah, mengajak teman-temannya main di rumah, membantu urusan rumah tangga, masuk Pramuka, kursus-kursus, les,  pokoknya, anak yang manis! Kemudian, tiba-tiba, semuanya berubah! Dia mulai membantah, melawan dan melanggar peraturan, kadang-kadang merengut dan tidak komunikatif. Masa remaja sudah tiba, situasi tak lagi dapat dikendalikan oleh orangtua. Ada banyak wilayah pertentangan; teman-teman mereka (banyak yang tak dapat kita setujui baik anak, baik orangtua), cara berhias, kencan, tugas-tugas rumah, uang saku, penggunaan kendaraan, sekolah dan pekerjaan rumah, disiplin; adalah sebagian kecil saja dari tumpukan masalah yang timbul.
Muncullah rintangan komunikasi. Orangtua merasa sulit berbicara dengan anak-anak mereka. Mereka menunda penjelasan tentang perubahan-perubahan mental dan jasmani yang menentukan, terutama dalam wilayah seks dan reproduksi. Orangtua memperketat kontrol, remaja meningkatkan pula perlawanan mereka untuk mendapat kebebasan. Jurang melebar, mereka bersikap bermusuhan - mulailah perang.


Hal-hal Yang Menjadi Perhatian Para Remaja

·       Remaja sagat perlu mengetahui bahwa untuk mendapat damai Allah dalam rumah tangga, mereka harus memiliki damai sejahtera Allah dalam hati mereka. Ini terjadi melalui hubungan pribadi dengan Yesus Kristus.
·         Mendengarkan ajaran dan anjurkan orangtua untuk bersikap mantap mengikut Kristus, seperti contoh Yosua, "pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah... tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada Tuhan!” (Yosua 24:15). Mereka harus berketetapan hati memuliakan Kristus dalam rumah tangganya. Sikap hormat dalam memberi tanggapan positif terhadap keputusan orangtua.
·     Mengandalkan sumber-sumber bantuan dari Allah yang dapat diperolehnya melalui doa. Mintalah hikmat yang Allah janjikan (Yakobus 1:5) dan tuntut pertolongan-Nya bagi perkembangan rohani (Filipi 4:6). Dengan berdoa bersama keluarga.
·     Mendengarkan ajaran dan anjurkan orangtua dalam membangun kehidupan keluarga dalam dan dengan Firman Allah, membantu setiap anggota keluarga untuk mengerti masalah-masalah kehidupan dari sudut pandangnya. Dengan: Mengusahakan pertobatan masing-masing kepada Kristus. Pusatkan kegiatan-kegiatan keluarga, terutama di sekitar kehidupan gerejani yang mementingkan Firman Tuhan.

5. Diskusi

·       Pergumulan apa yang sedang kamu hadapi di rumah? 
     Bagaimana caramu mengatasinya?

6. Bernyanyi KJ. No.289:1 “Tuhan, Pencipta Semesta”

Tuhan, Pencipta Semesta, Kaulah yang Mahamulia ;
Sungguh besar karunia yang Kau beri.

7. Doa Syafaat

8. Bernyanyi KJ. No.363:1 “Bagi Yesus kuserahkan” (Persembahan)

Bagi Yesus kuserahkan hidupku seluruhnya;
Hati dan perbuatanku, pun waktuku milikNya.
Bagi  Yesus semuanya, pun waktuku milikNya.
Bagi  Yesus semuanya, pun waktuku milikNya.

9. Doa Bapa Kami-Berkat

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN MINGGU ADVENT I 28 NOVEMBER 2021

MENYAMBUT KEDATANGAN TUHAN DALAM KEKUDUSAN (1 Tesalonika 3: 9-13) Surat ini ditujukan kepada komunitas pengikut Kristus di Tesalonika. L...