Jumat, 06 Maret 2015

ACARA PARTUMPOLON Ganda Putra Sinaga, S.H dan Hernawati Sianipar, AMAK




HKBP PONDOK GEDE RESSORT PONDOK GEDE
DISTRIK XIX BEKASI
Sabtu, 07 Maret 2015
Pukul 10.00 WIB


  




ACARA PARTUMPOLON

Ganda Putra Sinaga, S.H
dan 
Hernawati Sianipar, AMAK



Jl. Perumahan Taman Pondok Gede Blok H No.1-3
Pondok Gede RT 04 RW 01 Kelurahan Jatirahayu
Kecamatan Pondok Melati Kota Bekasi
Provinsi Jawa Barat
Telp. (021) 8467284


I.    Pra Ibadah

1.          Mangarade di Bilut Parhobasan (Calon Pangoli Oroan, Natoras, Parhalado rap martangiang)
2.          Calon Pangoli Oroan dohot keluarga udur tu gereja (diiringi musik)

II.   Ibadah

1.        Marende SDJ. No. 565:1+3 Las Rohangku lao Mamuji          BL. 565

Las rohangku lao mamuji Debata Parholong i
Songon bunga na mangerbang di na binsar ari i
Arsak, dosa, haporsuhon mago dibaen asiMi
Las ni roha namanongtong lehon di au Tuhanki

---jongjong---

Debata Parholong roha na manesa dosangki
Ndang tarbaen so las rohangku lao mamuji asiMi
Sai ajari sude hami mangulahon holong i
Asa gok las rohanami di bagasan Tuhan i

  1. Votum, Introitus, Tangiang (L= Liturgis; R= Ruas)

L: Marhitehite Goar ni Debata Ama dohot Goar ni AnakNa Tuhan Jesus Kristus dohot Goar ni Tondi Parbadia.
R:  Amen
L:  Ida ma, sai dongananku jala ramotanku do ho manang tu dia pe ho mangalangka,
R:  jala togihononKu do ho mulak tu tano on; ai ndang tadinghononKu ho, nda jolo sahat hubahen na huparbaga i tu ho.
L:  Martangiang ma hita:
                   Ale Tuhan Debata Amanami na di banua ginjang, mauliate hupasahat hami tu Ho ala ditogutogu Ho dongannami on naeng marpadan di joloM, andorang so mangido pasupasu dope sian Ho marhitehite panghaholongiM. Asa tung marlas ni roha nasida di tingki na binuhulMu di nasida. Sai lehon ma TondiMi mangurupi nasida asa mamungka jala marujung dibagasan dame dohot las ni roha saluhut na sinangkapan ni rohanasida. Pasupasu ma natorasna, sisolhot dohot sude na manghaholongi nasida. Sai tangihon ma tangiangnami on, ala ni asi dohot holong ni rohaM. Amen.
 ---hundul---
  1. Koor/VG/Solo:

  1. Marende SDJ. No. 763:1-2  Molo Jesus donganmi      BL. 763

Molo Jesus donganmi las roham, Jesus i Pangurupim las roham.
Hot haporseaonmi, dohot pos ni rohami,
Mardonganhon Jesus i,  las roham.
Ref.:     Las roham, las roham mardonganhon Jesus i las roham.
Marsinondang ma di ho, bintang panghirimon i
Mardonganhon Jesus i, las roham.

(Jongjong calon Pangoli, Oroan dohot Orangtua di ingananna)

Molo Jesus donganmi, las roham, jagaonNa tondimi las roham.
Tiruonmu ma tongtong dame nang holongNa i,
Saleleng di ngolumi las roham.
Ref.:     Las roham, las roham….

  1. Manjaha Surat Parpadanan
  2. Panangkasion tu calon Pangoli, Oroan dohot Natorasna
  3. Penandatanganan Surat Parpadanan
a. Calon Pangoli dohot Oroan                                   
b. Orang tua calon Pangoli dohot Oroan
c. Saksi dari calon Pangoli dohot Oroan       
d. Sintua calon Pangoli dohot Oroan
e. Napatumpolhon :  Nb. Pamasumasuon Sabtu, 21 Maret 2015 di HKBP Pondok Gede Pukul 08.00 WIB

  1. Koor/VG/Solo:
  2. Marende BE No. SDJ. :1 Tu Ho do au marpadan BL. 701
(calon Pangoli dan Oroan ro tu langgatan)
Tu Ho do au marpadan, o Jesus Tuhanki
Asa burju haposan au di adopanMi
Sai Ho ma mandongani au di ulaonki
Ajari, pargogoi ma au di dalanki.

  1. Tanda kasih (Tukar Cincin):

         Calon Pangoli :         Jalo ma cincin on songon tanda
                                         holong ni rohang na so hea muba tu ho.
         Calon Oroan :          Jalo ma cincin on songon tanda
                                         holong ni rohang na so hea muba tu ho.
(sidung tukar cincin, calon Pangoli dohot Oroan hundul)

11. Koor/VG/Solo:
12. Marende SDJ. No.766:1 Padan na Uli             BL. 766

Padan na uli “Ho ndang hulupahon” ndang pola mabiar au di ngolungki. Nang pe holom do dalan siboluson ro do hatiuron sian langit i.
“Ho tung so huhalupahon,  Au do manogihon, Au do mangondihon.
Ho tung so huhalupahon, Au do margogoihon pos ma rohami.

13. Khotbah:
PERANAN ADAT BATAK
DALAM KEUTUHAN RUMAH TANGGA

Ada tiga upacara adat Batak menuju pernikahan yang sah menurut Adat Batak Toba, yaitu: marhusip, marhata sinamot dan marunjuk. Adat Batak marbagas, sebagaimana upacara Adat Batak lainnya, tidak lepas dari sistem kekerabatan masyarakat Batak yaitu Dalihan Na Tolu terdiri dari:

dongantubu, 
hulahula dan 
boru dan paopat 
sihalsihal yakni: dongan sahuta, pariban dan aleale. 

Dengan singkat bahwa kekerabatan masyarakat Batak terdiri dari enam kelompok: dongantubu, hulahula, boru, dongansahuta, pariban dan ale-ale. Semua orang yang diundang untuk pesta Adat Batak terdiri dari yang enam kelompok tersebut. Kelompok kerabat inilah yang mensahkan pernikahan menurut Adat Batak Toba.
Kerabat yang disebut di atas akan terus memiliki hubungan kepada yang dinikahkan sampai selama-lamanya. Artinya, mereka berperan tidak hanya pada waktu pesta, melainkan selamanya sampai ke generasi yang berikut.
Upacara-upacara Adat Batak adalah sarana pembinaan timbalbalik. Mengikuti upacara-upacara Adat Batak, tidak hanya berguna bagi yang dipestakan, tetapi berguna bagi semua orang yang mengikutinya. Mengapa demikian? Karena dalam setiap upacara adat Batak selalu ada acara mandok hata. Boleh disebut bahwa inti upacara adat Batak adalah mandok hata.   Perkataan-perkataan setiap orang yang mandok hata selalu berisi: harapan, doa dan nasihat (larangan atau ajakan) yang disampaikan dalam bentuk khotbah. Apabila seseorang mandok hata di upacara pernikahan, isi ucapannya pasti berisi harapan, doa dan nasihat. Perkataan-perkataan yang diucapkan oleh setiap na mandok hata pastilah dari hati yang dalam, yang sungguh-sungguh bahkan yang dia hayati sendiri. Artinya, bahwa na mandok hata  telah duluan berbicara kepada dirinya sendiri. Memang tidak dapat disangkal bahwa ada orang yang pintar menasihati orang lain tetapi tidak melaksanakannya di dalam dirinya. Hal seperti itu adalah di luar Adat Batak yang sesungguhnya.
Adat Batak memungkinkan setiap orang yang telah berumah-tangga untuk mandok hata. Karena ukuran seseorang menjadi sidok hata bukan karena usia melainkan karena kedudukannya dalam upacara adat tersebut. Misalnya, seorang yang baru berumah tangga harus mandok hata ketika salah satu dari ito atau boru-nya menikah atau anaknya dibaptis dan dilakukan upacara Adat Batak berupa partangiangan (syukuran). Contoh berikutnya, apabila orangtuanya meninggal, pastilah dia mandok hata minimal mangampu. Ketika berenya baru sidi dan dibuatkan upacara syukuran, mereka harus memberikan dengke upa. Di saat memberikan dengke upa tersebut harus dibarengi dengan mandok hata.  Dan setelah makan bersama biasanya dilanjutkan dengan mandok hata.
Oleh sebab itu acara mandok hata jangan disepelekan atau dianggap remeh. Mandok hata dalam upacara Adat Batak mendorong masyarakat Batak untuk pintar mandok hata dan menjaga diri agar jangan jatuh ke dalam tindakan yang tercela. Karena orang yang hidupnya tercela akan merasa malu mandok hata di setiap event. Pada umumnya orang yang aktif mandok hata di upacara Adat Batak adalah menjadi orang yang dihormati orang lain karena selalin pintar, juga hidup dalam damai sejahtera.

Ragam upacara-upacara Adat Batak

Banyak upacara adat dalam kehidupan masyarakat Batak, mulai ketika seseorang dalam kandungan sampai ketika kelak mati dan dikuburkan, yaitu:
1.  Manaruhon ulos tondi (Silindung) atau mamosuri (Toba Holbung). Ketika seorang perempuan mengandung anaknya yang pertama, pada bulan ke tujuh, orangtua perempuan datang dan membawa dengke dan sehelai ulos untuk diberikan kepada calon ibu tersebut.
2.    manghesehi (syukuran ala Batak)
3.    manaruhon aek ni unte.
4.    martutu aek. Karena pengaruh kekristenan acara ini dipahami dalam acara tardidi (baptis).
5.    mangoli, muli. Untuk acara pernikan telah disinggung di atas.
6.  manulangi. Memberi makanan kepada orangtua sebagai tanda hormat dan syukur atas pengorbanan orangtua terhadap anak-anaknya.
7.    paujung ariari. Upacara Adat Batak setelah orangtua meninggal dunia.
8.    manuan ompuompu. Menanam ompu-ompu (sejenis rumput) di kuburan orangtua.

Saudara Pengantin Laki-laki dan pengantin perempuan : Ganda dan Hernawati! 

Kelak saudara akan menerima berkat Tuhan, melaksanakan , misalnya :

1.    palolo bagas (membangun rumah)
2.    manuruk, mangapiapii, mamasuhi atau mangompoi bagas.
3.    Mangupa-upa  karena lepas dari marabahaya.

Berikut : 

1.    HUT 70 tahun ke atas. Banyak yang menyediakan juhut na marsaudara, dengke na porngis dan  ulos Batak. Hulahula hadir dan menyerahkan dengke dan ulos. Dan kepada hulahula diserahkan juhut na marsaudara.
2.    Syukuran karena anak baru diwisuda S-1, S-2 atau S-3.
3.    Baptisan dan sidi.
4.    syukuran karena baru membuka sebuah perusahaan; perkebunan, restoran, perhotelan, tambak udang, perbengkelan, wartel dll.
Semua  upacara-upacara tersebut pasti ada acara mandok hata, karena dilakukan menurut kaidah-kaidah Adat Batak. Kaidah-kaidah tersebut yaitu mengundang dongantubu, hulahula, boru, dongansahuta, pariban dan ale-ale. Menyediakan juhut na marsaudara, dengke dan ulos.

Firman Tuhan kepada kita semua yang ada di gereja ini, dan secara khusus kepada calon pengantin laki-laki dan calon pengantin perempuan :

Seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging (tadingkonon ni baoa do amana dohot inana mandongani jolmana, jadi sada sibuk nasida.) Kej. 2:24

Definisi meninggalkan :

1.  Meninggalkan semua tingkah laku dan gaya hidup yang buruk sebelum melaksanakan pernikahan atau ketika masih sendiri
2.     Meninggalkan berarti berubah dari keadaan yang kurang baik menjadi keadaan yang lebih baik lagi
3.    Meninggalkan orangtua bukan berarti tidak  mengurusi orang tua lagi, namun belajar lebih mandiri demi mengarusi rumah tangga sendiri
4.   Meninggalkan berarti setelah menikah diharapkan menjadi manusia baru layaknya setelah proses pensaliban yang membuat manusia menjadi  diperbaharui.

    Tuhan Yesus memberi kekuatan kepada anda berdua (Ganda Putra Sinaga, S.H dan Hernawati br. Sianipar, AMAK), meninggalkan segala sesuatu yang menghambat saudara menjadi baharu di dalam Kristus.

Amen.

14. Marende SDJ. No.714:1...Tuhan na Marmahan hami BL. 714
(Pelean tu Huria dohot Sosial Huria)

Tuhan na marmahan hami togu hami ruasMon.
Lehon dameMi di hami, angka na hinongkopMon.
Tuhan Jesus, Sipalua parmahani ruasMon.
Tuhan Jesus, Siparmahan, parmahani ruasMon.
Tuhan Parmahan haposan dongan na sumurung i
Sai padao ma pangunjunan togu ma na lilu i
Tuhan Jesus Sipalua pasupasu ruasMi
Tuhan Jesus Siparmahan, pasupasu ruasMi

--------------musik-------------

PadanMi huingot hami na mardosa godang on
Ias burionMu hami sian haramunon on
Tuhan Jesus Sipalua, Ho nampuna hami on  } 2x

Pabotohon ma tu hami siradotannami i
Tuhan gohi rohanami dohot haholongonMi
Tuhan Jesus Sipalua, ndang tarasam holongMi   } 2x

15. Tangiang Penutup (ruas jongjong)
     
III.   Mandok hata mewakili keluarga Paranak dohot Parboru


 IV.  Masijalangan  (Calon Pangoli Oroan jongjong di jolo)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN MINGGU ADVENT I 28 NOVEMBER 2021

MENYAMBUT KEDATANGAN TUHAN DALAM KEKUDUSAN (1 Tesalonika 3: 9-13) Surat ini ditujukan kepada komunitas pengikut Kristus di Tesalonika. L...