Jumat, 05 September 2014

DOA PELAJAR SIDI 2014-2015

APAKAH SIDI ?

Sidi adalah pengindonesiaan dari singkatan CD (dibaca ci-di). CONFETIO DEI (CD), yang artinya pengakuan atau pengimanan akan Tuhan. Seseorang yang telah cukup dewasa, maka ia perlu mengakui Tuhan atau menyatakan imannya di hadapan orang banyak (gereja). Pengakuan ini berkaitan dengan peran dan tanggungjawabnya selayaknya orang Kristen yang dewasa, yakni orang yang diutus untuk BERSAKSI DAN MELAYANI. Dia adalah bagian dari gereja yang diutus oleh Allah di dalam dunia.

A Father's Prayer
by General Douglas MacArthur

Build me a son, O Lord, who will be strong enough
To know when he is weak and brave enough to face himself when he is afraid.
One who will be proud and unbending in honest defeat,
And humble, and gentle in victory.
Build me a son whose wishes will not take the place of deeds;
A son who will know Thee and that to know himself is the foundation stone of knowledge.
Lead him, I pray, not in the path of ease and comfort,
but under the stress and spur of difficulties and challenge.
Here, let him learn to stand up in the storm, here let him learn compassion for those that fail.
Build me a son whose heart will be clear, whose goal will be high, a son who will master himself before he seeks to master other men, one who will reach into the future, yet never forget the past.
And after all these things are his, add, I pray, enough of a sense of humor, so that he may always be serious, yet never take himself too seriously.
Give him humility, so that he may always remember the simplicity of true greatness, the open mind of true wisdom, and the meekness of true strength.
Then I, his father, will dare to whisper,
"I have not lived in vain."

"DOA UNTUK PUTERAKU" KARYA DOUGLAS MAC ARTHUR

Tuhanku…
Bentuklah puteraku menjadi manusia yang cukup kuat untuk mengetahui kelemahannya.
Dan, berani menghadapi dirinya sendiri saat dalam ketakutan.
Manusia yang sabar dan tabah dalam kekalahan.
Tetap jujur dan rendah hati dalam kemenangan.
Bentuklah puteraku menjadi manusia yang berhasrat mewujudkan cita-citanya dan tidak hanya tenggelam dalam angan-angannya saja.
Seorang Putera yang sadar bahwa mengenal Engkau dan dirinya sendiri adalah landasan segala ilmu pengetahuan.

Tuhanku…
Aku mohon, janganlah pimpin puteraku di jalan yang mudah dan lunak.
Namun, tuntunlah dia di jalan yang penuh hambatan dan godaan, kesulitan dan tantangan.
Biarkan puteraku belajar untuk tetap berdiri di tengah badai
dan senantiasa belajar untuk mengasihi mereka yang tidak berdaya.
Ajarilah dia berhati tulus dan bercita-cita tinggi,
sanggup memimpin dirinya sendiri, sebelum mempunyai kesempatan untuk memimpin orang lain.
Berikanlah hamba seorang putra yang mengerti makna tawa ceria tanpa melupakan makna tangis duka.
Putera yang berhasrat untuk menggapai masa depan yang cerah namun tak pernah melupakan masa lampau.
Dan, setelah semua menjadi miliknya…
Berikan dia cukup rasa humor sehingga ia dapat bersikap sungguh-sungguh namun tetap mampu menikmati hidupnya.

Tuhanku…
Berilah ia kerendahan hati…
Agar ia ingat akan kesederhanaan dan keagungan yang hakiki…
Pada sumber kearifan, kelemahlembutan, dan kekuatan yang sempurna…
Dan, pada akhirnya bila semua itu terwujud, hamba, ayahnya, dengan berani berkata “hidupku tidaklah sia-sia”






DOA BELAJAR SIDI

Ya Tuhan kami mensyukuri kesempatan belajar mengajar Pelajar Sidi ini, kiranya berkat-Mu memampukan kami untuk menerima didikan hari ini, kuasailah hati dan pikiran kami. Dalam Nama Anak-Mu Tuhan Yesus Kristus Tuhan kami. Amin.


TANGIANG MARSIAJAR MARGURU MANGHATINDANGHON HAPORSEAON

Ale Tuhan, mauliate ma di Ho, napatupahon parguruan Manghatindanghon Haporseaon di hami. Asi ni rohaMma na patauhon hami manjalo pangajaran sadari on, Gok di Ho ma roha dohot pingkirannami. Ala ni AnakMu Tuhan Jesus Kristus Tuhannami. Amen.

DOA BELAJAR DI SEKOLAH

Tuhan Yesus, saatnya pelajaran sekolahku dimulai. Pengasihan-Mu lah membuat hari-hariku penuh suka cita, membuat proses belajar mengajar menjadi menyenangkan bagiku. Para guru-guru menjadi malaikatku. Kuasailah segala kegiatan di kelas kami ini, kuasailah hati kami para murid dengan damai sejahtera-Mu, agar dapat menerima pelajaran dengan baik. Amin

TANGIANG LAHO MARSIAJAR DI SIKOLA

Ale Tuhan Jesus, laho marsiajar ma ahu sian angka pangajari di sikola on. Asi ni rohaM ma na patupahon ariari na gok las ni roha di ahu, di tingki ahu manangihon dohot pasahathon pangajaronna sude guru, tau las ni roha ma i di ahu. Angka guruku gabe surusuruanMu ma tu ahu. Pasupasu ma sude ulaon di kalas on, pature ma rohanami angka sisean di bagasan dameM, asa denggan manjalo ganup pangajaran. Mauliate ma di Ho Tuhan. Amen.



DOA USAI BELAJAR SIDI

Ya Tuhan, terimakasih atas pertemuan kami yang Engkau berikan hari ini mempelajari firman-Mu tentang ..... kiranya Roh Kudus-Mu memampukan kami untuk berlaku seturut firman-Mu dan mengarahkan seluruh hidup kami untuk taat pada-Mu. Berkatilah guru pembimbing yang senantiasa membimbing kami dan sertailah kami dalam perjalanan pulang. Dan para orangtua, abang, kakak, dan adik kami juga dalam pemeliharaan-Mu. Kiranya seluruh seisi dunia juga dalam pemeliharaan-Mu. Bagi-Mu lah kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.

TANGIANG LAHO MULAK DUNG MARSIAJAR MARGURU MALUA

Ale Tuhan mauliate ma di Ho, nunga huguruhon hami hataM taringot….. TondiM na badia i ma patauhon hami mengulahon hataMi,  marhasatiaon tu Ho. Pasupasu ma ma angka pangajarinami, ramoti ma hami nang di na laho mulak. Natuatuanami, angkang dohot anggipinaribotnami di bagasan pangaramotionMu ma. Nang sude pangisi ni portibi on ramoti ma amang Na Basa. Gok di Ho ma pamujionnami ro di salelenglelengna. Amen.

DOA HENDAK MAKAN

Ya Tuhan kami yang senantiasa memelihara ciptaan-Mu, dan dari pemeliharaan-Mu lah kami mendapat makanan dan minuman dari tangan terbekati ...... di rumah ini. Kiranya oleh pengasihan-Mu makanan dan minuman ini menjadi kesehatan dan kekuatan yang baru bagi kami. Tuhan jugalah kiranya yang menyediakan dan memberkati makanan dan minuman bagi saudara-saudara kami yang lain dan juga bagi seisi dunia ini. Karena pengasihan-Mu di dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Amin.




TANGIANG LAHO MANGAN

Ale Tuhannami, na sai tongtong marmuduhon angka na tinompaMi. Sian parmuduhononMi do hami taruli di sipanganon dohot siinumon marhite pasupasuM tu keluarga……..di bagas on. Mangasahon asi ni rohaM dohot pasupasuM gabe hahipason na manghorhon gogo na imbaru ma on di hami mangulahon lomo ni rohaMi. Asi ni roham ma na paradehon sipanganon dohot siinumon di angka donganami dohot tu sude pangisi ni portibi on. Mauliate ma di Ho, ala ni asi dohot holong ni rohaM, marhitehite Tuhan Jesus Kristus. Amen.

DOA HENDAK TIDUR

Ya Allah Bapa kami di dalam nama Yesus Kristus Tuhan kami yang telah menyertai kami seharian penuh, melakukan banyak hal. Tentulah banyak dosa yang kami perbuat dan telah melukai hati Tuhan. Ya Tuhan karena kasih-Mu bantulah aku untuk senantiasa menang melawan dosa, kasihanilah aku. Saatnya aku akan berbaring dan tidur. Engkaulah yang menjaga aku dan akan tidur lelap membangunkan aku besok pagi dalam keadaan sehat dan segar. Kiranya seisi dunia ini juga dalam pemeliharaan-Mu. Kasihanilah aku yang berdosa ini. Terimalah doaku di dalam Nama Tuhan Yesus Kristus Tuhan kami. Amin.

TANGIANG LAHO MODOM

Ale Debata Amanami marhite Tuhan Jesus Kristus naung mangaramoti hami jala patauhon hami patupahon ragam ni ulaonnami sadari on. Boi malaok dosa do na huulahami i, gabe mambahen hansit rohaM. Ale Tuhan, parbadiai jala tongtong urupima hami mangalo nasa dosa, asi rohaM di hami. Naeng peakma ahu laho modom, Ho ma na mangaramoti ahu. Dungoi ma ahu marsogot di manogot ni ari marhahipason. Sandok isi ni portibi on, ramotima, asi rohaM di ahu pardosa on. Jalo ma tangiangkon marhitehite Anak haholongan ni rohaM Tuhan Jesus Kristus. Amen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN MINGGU ADVENT I 28 NOVEMBER 2021

MENYAMBUT KEDATANGAN TUHAN DALAM KEKUDUSAN (1 Tesalonika 3: 9-13) Surat ini ditujukan kepada komunitas pengikut Kristus di Tesalonika. L...