Senin, 28 Desember 2020

RENUNGAN MINGGU SETELAH NATAL, 27 DESEMBER 2020

 

Nikmatnya Memuji Tuhan 

(Mazmur 148:1-14) 



Siapakah yang patut memuji dan memuliakan Tuhan? Ternyata bukan hanya manusia, tetapi segala makhluk ciptaan Tuhan, bumi dan segala isinya patut memuji dan memuliakan Tuhan sang Pencipta (7- 13); Langit dan seluruh isinya termasuk para malaikat untuk ikut serta memuji dan memuliakan Tuhan (1-6); semuanya yang dijadikan Tuhan harus menyembah dan memujiNya. 

Pujian yang dikumandangkan oleh pemazmur ini bagaikan nyanyian yang indah dan harmonis. Lengkap karena terdiri dari berbagai perspektif, pujian ini muncul. Dari perspektif malaikat, makhluk surgawi, muncul pujian akan keagungan dan kebesaran Sang Raja; Sang Pencipta, yaitu TUHAN semesta alam. Sasaran kekaguman akan hasil ciptaan Tuhan adalah tata letak segala cakrawala dan isinya, yang menerangi bumi. 

Sementara di bumi yang diwarnai dengan dosa yang senantiasa mengklaim hak atas ciptaan Tuhan, pujian pun dikumandangkan sebagai pernyataan iman akan keselamatan yang dari Tuhan. Tuhan berdaulat penuh atas segala ciptaan-Nya baik atas samudera raya dan moster laut yang merupakan lambang kekacauan (ay. 7). Bahkan segala potensi perusak dari gejala alampun ada di bawah kendali Sang Pencipta (ay. 8). Terlebih atas hidup manusia, yang telah jatuh ke dalam dosa, tetapi oleh kasih-Nya yang besar, Allah mengutus Yesus Kristus ke dunia ini untuk menebus dan menyelamatkan manusia dari kebinasaan/kematian (ay. 11-14). Dan inilah puncak dan kenikmatan, keindahan pujian akan TUHAN, dimana manusia beroleh kemurahan kasih setia Tuhan, beroleh pengampunan dan keselamatan. Manusia berdosa dibenarkan-Nya oleh kasih-Nya supaya kita beroleh pembenaran di hadapan Tuhan (2 Kor. 5:21). Yesus lahir di Betlehem, di tempat yang hina, supaya kita diselamatkan. Oleh kasih-Nya kita beroleh kemurahan. 

Pujilah Tuhan, hai jiwaku dan janganlah lupakan kasih setia-Nya. Hiduplah dalam pengampunan-Nya, muliakanlah DIA dengan segala kehidupanmu. Amin. Selamat hari Minggu. (HS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN MINGGU ADVENT I 28 NOVEMBER 2021

MENYAMBUT KEDATANGAN TUHAN DALAM KEKUDUSAN (1 Tesalonika 3: 9-13) Surat ini ditujukan kepada komunitas pengikut Kristus di Tesalonika. L...