Kamis, 10 Desember 2020

RENUNGAN MINGGU ADVEN II, 06 DESEMBER 2020

 KESELAMATAN DARI TUHAN

SUDAH DEKAT

 

(Mazmur 85: 9-14)




 

Selama Perang Dunia Pertama kita ketahui bahwa Jerman dan Inggris adalah musuh bebuyutan, keduanya pernah berperang dengan tiada habis-habisnya. Namun, tahukah Anda bahwa di tengah-tengah perang berkecamuk, kedua kubu sempat berdamai satu hari untuk berpesta bersama. Kemudian setelah itu mereka melanjutkan perang kembali. Hal itu terjadi pada 25 Desember 1914, ketika perayaan Natal, suara tembakan dan senapan dihentikan oleh kedua kubu. Pasukan dari kedua kubu yang berperang, baik Jerman dan Inggris sama-sama melakukan pesta bersama menyanyikan lagu-lagu Natal dan bergabung dalam nyanyian gembira. Pada saat cahaya fajar pertama Hari Natal, beberapa tentara Jerman muncul dari parit perlindungan dan mendekati tentara sekutu. Mereka bukan untuk menyergap dengan senapan, melainkan untuk berseru dan mengatakan "Selamat Natal" dalam bahasa mereka. Memang awalnya para sekutu khawatir, itu adalah tipuan, tetapi melihat pasukan Jerman tidak bersenjata ketika mereka naik dari parit perlindungan, lalu mereka berjabat tangan dengan musuh. Mereka bertukar rokok, hadiah lalu menyanyikan lagu Natal bersama. Bahkan ada momen terbaik, ketika kedua kubu bermain sepakbola. Kejadian itu merupakan episode kemajuan yang terjadi sekitar 106 lalu, musuh tiba-tiba menjadi "teman sesaat". Tidak lama, sesaat saja! Di manakah damai yang abadi? Di manakah Natal yang abadi?

Sebagian para ahli Perjanjian Lama mengatakan bahwa Mazmur 85 ini ditulis ketika Israel kembali dari pembuangan di Babilonia. Bangsa Israel tersebut membutuhkan pemulihan. Mereka sangat membutuhkan kebangunan rohani dari Tuhan. “Sesungguhnya keselamatan dari pada-Nya dekat pada orang-orang yang takut akan Dia, sehingga kemuliaan diam di negeri kita. Kasih dan kesetiaan akan bertemu, keadilan dan damai sejahtera akan bercium-ciuman. TUHAN akan memberikan kebaikan, dan negeri kita akan memberi hasilnya.” Pemazmur menyerukan bahwa dari Tuhan sajalah pemulihan. Dan dalam Tuhan sajalah kasih dan kesetiaan bertemu, keadilan dan damai sejahtera bercium-ciuman. Keselamatan dari Tuhan sudah dekat, kedamaian yang terjadi tidak hanya untuk satu hari, tetapi kekal di dalam Yesus Kristus Raja damai. Amin. Selamat Adven(NS).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN MINGGU ADVENT I 28 NOVEMBER 2021

MENYAMBUT KEDATANGAN TUHAN DALAM KEKUDUSAN (1 Tesalonika 3: 9-13) Surat ini ditujukan kepada komunitas pengikut Kristus di Tesalonika. L...