Minggu, 12 April 2015

Doa Pemberangkatan Ujian Nasional


Kelas 6 Sekolah Dasar (SD)

Kelas III Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP)

Kelas III Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA)
















1 Yohanes 1:1-10

HIDUP DI DALAM TERANG

Minggu Quasimodogeniti: sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan, jika kamu benar-benar telah mengecap kebaikan Tuhan. (1 Pet.2:2-3)

Saudara-saudara yang terkasih di dalam nama Tuhan Yesus Kristus!

Tak kenal maka tak sayang: jika kita tidak mengerti atau memahami sesuatu hal/benda maka kita tidak akan tahu arti sebenarnya dan tidak dapat menghargai hal/benda tersebut.
Dari semua hal yang kita kenal, yang terpenting kita KENAL DAN KITA KETAHUI DENGAN BAIK ALLAH MENJADI MANUSIA DI DALAM YESUS KRISTUS.
Ketika jaman Yohanes, sedang berkembang ajaran yang bertentangan dengan ajaran Alkitab. Yohanes memberikan Solusi untuk pengenalan ajaran yang benar, yaitu : Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia. Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah, (1 Yoh4:1-2).

·           Sangat perlu bagi kita mengetahui dan memahami tekanan Yohanes i. Setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah. Telah berkembang ajaran Doketisme dari Bahasa Yunani “dokein” artinya seolah-olah, nampaknya, semu. Kristus seolah-olah Allah yang menjadi manusia. Karena mana mungkin Allah yang kudus tinggal dengan yang tidak kudus. Allah yang Sakral berdiam dengan yang profan. Bagi mereka, Allah hanya memakai manusia Yesus menjadi alatnya, karena itu Yesus hanya sekedar teladan…bukan seorang juru selamat. Keselamatan boleh di dapat dengan bersemedi, bermeditasi, melepaskan roh dari keterpenjaraan tubuh yang tidak kudus.
·         Kemudian ajaran Libertinisme dan Antinomisme, mengajarkan kebebasan dari tuntutan hukum. (band. Kalau salah memahami apa kata Nabi Yeremia: Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman TUHAN: Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku. Dan tidak usah lagi orang mengajar sesamanya atau mengajar saudaranya dengan mengatakan: Kenallah TUHAN! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku, demikianlah firman TUHAN, sebab Aku akan mengampuni kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa mereka."(Yer.31:33-34).

Saudara-saudara yang terkasih di dalam nama Tuhan Yesus Kristus!
Dalam Prolognya buku Yohanes menekankan : Apa yang telah ada sejak semula, yang telah kami dengar, yang telah kami lihat dengan mata kami, yang telah kami saksikan dan yang telah kami raba dengan tangan kami tentang Firman hidup -- itulah yang kami tuliskan kepada kamu. (1Yoh1:1). Tidaklah melalui usaha kita sendiri jika di mempunyai kesempatan mendengar firman Tuhan, atau turut melayani di rumah Tuhan. “Tidak ada seorang pun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku, … Hanya Dia yang datang dari Allah, Dialah yang telah melihat Bapa.(Yoh6:44a,65). "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga (Mat16:17b).
Kita percaya kepada Allah di dalam Yesus Kristus menyelamatkan dunia ini:
·         Dunia dengan isinya: Tanah, air, udara, dll.
·         Dunia dengan isinya: Tanah, air, udara, dan dari kuasa-kuasa yang ada di dalamnya.
Dunia dengan segala dinamika yang ada di dalamnya menjadi tujuan penyelamatan Tuhan. Bagi orang doketisme itu adalah tidak masuk akal, bagaimana mungkin Allah menjadi bagian dari yang jahat? Materi yang tidak kudus?
Saudara-saudara yang terkasih di dalam nama Tuhan Yesus Kristus!
Apa yang harus kita lakukan?
1.      Nama minggu hari ini Quasimodogeniti: seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan. Bergantung sepenuhnya ke dalam pemeliharaan Tuhan.
2.      Hidup (JOE) itu telah dinyatakan, dan kami telah melihatnya dan sekarang kami bersaksi dan memberitakan kepada kamu tentang hidup kekal, yang ada bersama-sama dengan Bapa dan yang telah dinyatakan kepada kami. Dalam hidup yang cenderung kacau sekarang ini, Allah adalah JOE, memperlengkapi kehidupan jasmani dan rohani kita umat-Nya..
3.      Tuhan marah terhadap pengacau, penjahat, dan sejenisnya. Tetapi Alkitab menuliskan : Karena begitu besar KASIH Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Yohanes tidak karena begitu besar AMARAH Allah akan dunia ini. Doketisme berkata mana mungkin Tuhan tidak marah terhadap kejatan? Yesus datang melepaskan orang percaya dari kejahatan, itu kasih-Nya yang besar.
4.      Supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Percayalah, Yesus adalah Allah menjadi manusia, supaya kita ada dalam hidup JOE….
5.      Adik-adik jemaat gereja Tuhan, apapun Denominasi gerejamu, dan kamu hadir malam ini di sini untuk berdoa bersama. Hadapi dan lalui dan menangkanlah ujianmu besok-minggu ini dengan JOE Tuhan Yesus. Selamat berjuang!  AMIN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN MINGGU ADVENT I 28 NOVEMBER 2021

MENYAMBUT KEDATANGAN TUHAN DALAM KEKUDUSAN (1 Tesalonika 3: 9-13) Surat ini ditujukan kepada komunitas pengikut Kristus di Tesalonika. L...