Senin, 22 Desember 2014

NATAL KELUARGA Selasa 23 Desember 2014

NATAL KELUARGA Selasa 23 Desember 2014

Asa sude ma hita patupahonsa!

Mauliate, Selamat Natal

25-26 Desember 2014

Jala ita ingot be :

Papunguan Natal Umum 

Rabu, 24 Desember 2014

Pukul 16.00 WIB Berbahasa Indonesia

Pukul 19.00 WIB Berbahasa Toba






ACARA NATAL KELUARGA TAHUN 2014
HKBP RESSORT PONDOK GEDE
Selasa, 23 Desember 2014

I. Persiapan :
1.      Lilin disediakan sesuai dengan jumlah anggota keluarga
2.      Kue Natal (Jika ada, boleh disediakan di tempat berkumpul)

II. Ibadah
01.  Marende Huria No. 57 : 1+3 Nunga jumpang BL.202

Nunga jumpang muse ari Pesta i, hatutubu ni Tuhanta Jesus i.
Tuat do Ibana sian surgo i, mebat tu hita on
Hasangapon di Debata, dame, dame ma di jolma.
Las ni roha ni Debata hajolmaon muse.

Sombanami ma di Ho na tubu on, Ho siboan dame tu portibion
Sai pasaorhon ma tu rohanami on dameMi o Jesus.
Hasangapon di Debata, dame, dame ma di jolma.
Las ni roha ni Debata hajolmaon muse.

02.  Invocatio – Votum - Introitus (U: Uluan – H: Huria)

U:   Di dalam Nama Allah Bapak, dan Nama AnakNya Tuhan Yesus Kristus dan Nama Roh Kudus, yang menciptakan langit dan bumi. Amin. Angkatlah kepalamu, hai pintu-pintu gerbang, dan terangkatlah kamu, hai pintu-pintu yang berabad-abad, supaya masuk Raja Kemuliaan!
H :  Siapakah itu Raja Kemuliaan?
U:   TUHAN, jaya dan perkasa, TUHAN, perkasa dalam peperangan!"
H:   Angkatlah kepalamu, hai pintu-pintu gerbang, dan terangkatlah kamu, hai pintu-pintu yang berabad-abad, supaya masuk Raja Kemuliaan!
U:   Siapakah Dia itu Raja Kemuliaan?"
H:   TUHAN semesta alam,
U :  Dialah Raja Kemuliaan! Haleluya. Marilah kita berdoa : Ya Allah Bapa kami yang ada di surga! Puji-pujian, kemuliaan dan terima kasih kami persembahkan kepadaMu, karena Engkau memberikan AnakMu, Tuhan Yesus Kristus kepada kami manusia yang hina ini. Dia menderita sengsara, lahir di kandang domba, supaya kami menjadi kaya. Ajar dan bimbinglah kami dengan RohMu supaya kami mengenal kasihMu, yang Engkau nyatakan dalam AnakMu, Tuhan Yesus Kristus. A m i n .

03.  Marende Huria No. 48: 1 Ria ma hita sasude BL. 16

Ria ma hita sasude mamuji Debata, girgir ma parendenta be
Ai i do na tama, ai i do na tama.


04.  Liturgi Parjolo :

U:   Ketika manusia kelelahan mencari pertolongan, dan ketika manusia kelelahan menanti-nanti Juru selamat, Allah datang menjadi manusia di dalam Yesus Kristus, dengarkanlah kabar beritanya:  
H:   Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.
U:   Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam.
H:   Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus.
U:   Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.
H:   Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi:
U:   Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel yang berarti: Allah menyertai kita.

05.  Marende Huria No. 51: 1 Tole Puji Ma Tuhanta BL. 31

Tole puji ma Tuhanta tu Ibana ma rohanta
Asa girgir parendenta ale dongan Kristen i.

06.  Liturgi Paduahon :

U:   Walau manusia selalu memberontak kepada Allah, namun Allah tidak membiarkan manusia terhilang. Dalam kasihNya Ia mencari dan ingin menjemput pulang. Pada waktu itu Kaisar Agustus mengeluarkan suatu perintah, menyuruh mendaftarkan semua orang di seluruh dunia.
H:   Inilah pendaftaran yang pertama kali diadakan sewaktu Kirenius menjadi wali negeri di Siria. Maka pergilah semua orang mendaftarkan diri, masing-masing di kotanya sendiri.
U:   Demikian juga Yusuf pergi dari kota Nazaret di Galilea ke Yudea, ke kota Daud yang bernama Betlehem, karena ia berasal dari keluarga dan keturunan Daud supaya didaftarkan bersama-sama dengan Maria, tunangannya, yang sedang mengandung.
H:   Ketika mereka di situ tibalah waktunya bagi Maria untuk bersalin, dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan.

07.  Pagalak Lilin

U :  Seperti cahaya lilin ini menyisihkan kegelapan, demikian kiranya kehidupan kita, karena terang Kristus yang lahir dalam keluarga ini. Kiranya damai Sejahtera Tuhan menyertai kita. Mari kita nyalakan lilin kita masing-masing!

08.  Marende Huria No. 54: 1-2  Sonang Ni Bornginna i BL.64

Sonang ni bornginna i uju ro Jesus i
Sonang modom do halak sude holan dua na dungo dope
Mangingani AnakNa Jesus Tuhantai

Denggan ni bornginna i uju ro Jesus i .
Tu parmahan di Betlehem i. dipaboa na di surgo i
Nunga ro Sipangolu Jesus Tuhanta i

09.  Liturgi Patoluhon :

U:   Di daerah itu ada gembala-gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam. Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka dan mereka sangat ketakutan.
H:   Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa:
U:   Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud. Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan."
H:   Dan tiba-tiba tampaklah bersama-sama dengan malaikat itu sejumlah besar bala tentara sorga yang memuji Allah, katanya:
U:   "Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya."
H:   Setelah malaikat-malaikat itu meninggalkan mereka dan kembali ke sorga, gembala-gembala itu berkata seorang kepada yang lain: "Marilah kita pergi ke Betlehem untuk melihat apa yang terjadi di sana, seperti yang diberitahukan Tuhan kepada kita."
U:   Yesus Kristus sudah lahir ke dunia. Dia datang membawa sukacita kepada setiap orang yang percaya. Kabarkanlah juga berita kesukaan itu kepada setiap orang melalui kebaikan hatimu.  Bersama-sama dengan malaikat dan bala tentara sorga yang memuji Allah. Untuk Kemuliaan Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya.

10.  Marende Huria No. 56:1 Sai ro ma hamuna BL. 139.

Sai ro ma hamuna angka na porsea, sai ro ma hamuna tu Betlehem.
Ida dakdanak, Sipalua hita, tasomba ma Ibana
Tasomba ma Ibana, tasomba ma Ibana, Rajanta.

11.  Renungan Natal : Lukas 2: 10

U :  Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa. Apa sajakah yang membuat orang merasa takut? Dosa membuat ketakutan, yaitu keinginan yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan. Manusia cenderung mengikuti keinginan hatinya. Sebagaimana Adam dan Hawa di Taman Eden, karena mengikuti keinginan hatinya melawan kehendak Allah, sehingga mereka ketakutan. Adam dan Hawa bersembunyi. Begitulah manusia yang melawan kehendak Allah, sepanjang masa akan ketakutan dan selalu bersembunyi. Syukur kepada Allah, yang datang dari surga menjadi manusia untuk mengalahkan kuasa dosa dan maut. Dialah Imanuel. Allah beserta kita. Dia senantiasa di tengah-tengah kita, maka kita tidak perlu takut. Dialah Juru Selamat kita. Amin.

12.  Marende Huria No. 52: 1-2  Hatuaon do BL. 55 (Persembahan)

Hatuaon do las ni roha do hatutubu ni Jesus i
Mago do jolma ro ma Tuhanta las be, las be ma rohanta i.

Hatuaon do las ni roha do hatutubu ni Jesus i
Domu do hita tu Debatanta las be, las be ma rohanta i.

13.  Doa Penutup

U :  Marilah kita bersama-sama mengucapkan Doa Bapakami :
U+H : Bapa kami yang di surga, dikuduskanlah namaMu, datanglah kerajaanMu, jadilah kehendakMu di bumi seperti di surga. Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya. Dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga telah mengampuni orang yang bersalah kepada kami. Dan janganlah membawa kami ke dalam percobaan, tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat. Karena Engkau punya Kerajean dan Kekuasaan dan Kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.

14.    (Jika Uluan seorang Majelis Tahbisan, acara ditutup dengan Berkat :

15.    (Menyanyikan) : Amin, amin, amin.

16.    Bersalaman (Mulai dari usia yang termuda)

17. Menikmati Kue Natal (Jika tersedia)  








Persembahan Ibadah Natal Keluarga Tahun 2014

Keluarga : ……………………………………………………………..   Wijk …………

Rp.__________________

(…………………………………………………………………………………………………)
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN MINGGU ADVENT I 28 NOVEMBER 2021

MENYAMBUT KEDATANGAN TUHAN DALAM KEKUDUSAN (1 Tesalonika 3: 9-13) Surat ini ditujukan kepada komunitas pengikut Kristus di Tesalonika. L...