Sabtu, 21 November 2020

RENUNGAN MINGGU AKHIR TAHUN GEREJA, 22 NOVEMBER 2020

 PENGHAKIMAN TERAKHIR

 

(Matius 25: 31-46)


 

Hidup miskin bukan cita-cita tetapi dampak atau akibat kondisi ketidakadilan dan ketidakbenaran. Karena itu gereja tidak boleh menutup mata terhadap orang miskin. Justru panggilan gereja adalah terlibat secara aktif dalam memerangi kemiskinan dan ketidakadilan. Orang miskin orang yang berkekurangan, tidak memiliki kemampuan untuk memberdayakan dirinya, dan orang yang lemah. Hendaklah Gereja menjadi pelaku pertama dalam mengentaskan kemiskinan. Gereja yang berbasis spritual dan sosial harus peduli pada pelayanan sosial. Program gereja baik di kota dan di desa harus menyentuh kehidupan jemaat secara menyeluruh mencapai kesejahteraan sosialnya.

Panggilan gereja adalah untuk menyuarakan ketidakadilan dan penindasan hak-hak orang miskin.  Gereja hadir untuk berpihak kepada yang lemah, yang tidak berdaya, yang miskin, dan yang terpinggirkan. Kemiskinan harus ditanggulangi supaya manusia mendapatkan keadilan, harkat dan martabatnya sebagai manusia.

Siapakah Kristus Yesus terhadap orang miskin, papa dan menderita? Dia adalah Allah, satu pribadi yang Mahamulia. Ia adalah Juru Selamat yang telah berkorban demikian luar biasa demi untuk menyelamatkan manusia dari kebinasaan kekal. Dia adalah Tuhan yang sudah menebus kita dengan darah-Nya yang mahal tak ternilai harganya. Kristus Yesus yang adalah Allah, Juru Selamat kita turut menderita jika jemaat-Nya menderita kepedihan dan kemiskinan.

Di tengah situasi kehidupan yang menderita, pedih dan miskin, benarkah kita sungguh-sungguh mengasihi Kristus Yesus? Kalau kita mengasihi Dia dengan segenap hati dan sepenuh jiwa, tentulah kita tidak akan membiarkan-Nya menderita kelaparan dan kehausan! Masakan kita menelantarkan-Nya sebagai orang asing yang tidak punya tempat tinggal? Tegakah kita melihat-Nya gemetar kedinginan karena tidak berpakaian? Tidakkah kita akan melawat-Nya dengan pelayanan yang sebaik-baiknya?

Seorang pengikut Kristus sejati pastilah memiliki kerinduan jiwa yang kuat untuk berusaha secara maksimal melakukan hal-hal yang terbaik dalam menyenangkan hati Tuhan. Bagaimana caranya? Tolonglah sesamamu yang miskin, haus dan lapar. Lakukanlah! Takutlah akan penghakiman terakhir Tuhan! Amin. Selamat hari Minggu! (NS).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN MINGGU ADVENT I 28 NOVEMBER 2021

MENYAMBUT KEDATANGAN TUHAN DALAM KEKUDUSAN (1 Tesalonika 3: 9-13) Surat ini ditujukan kepada komunitas pengikut Kristus di Tesalonika. L...