Selasa, 03 Desember 2019

RENUNGAN MINGGU ADVENT II, 8 DESEMBER 2019

FIRMAN YANG MENJADI MANUSIA


(Yohanes 1: 14-18)




Kebanyakan orang lebih dahulu dipengaruhi oleh apa yang mereka lihat. Jika Anda saat ini memiliki anak maka Anda akan melihat kebenaran perkataan ini. Tidak peduli apa yang Anda perintahkan supaya dilakukan oleh anak-anak Anda, kecenderungan alami mereka adalah mengikuti apa yang mereka lihat dari apa yang Anda lakukan. Bagi sebagian besar orang, jika mereka melihat bahwa Anda bersikap positif, dapat dipercaya, dan mempunyai kualitas yang baik, mereka akan mencari Anda sebagai pengaruh dalam kehidupan mereka. Saat Anda bertemu dengan orang-orang yang belum mengenal Anda, pada mulanya Anda pasti belum mempunyai pengaruh pada mereka. Orang-orang ini belum bisa melihat kualitas yang Anda miliki, namun hal itu tidak akan berlangsung lama. Pada saat berinteraksi dan mereka melihat segala tindakan Anda yang membangun kehidupan mereka, maka di situlah Anda mendapatkan kepercayaan. Kepercayaan inilah yang sebenarnya membuat Anda memiliki pengaruh terhadap orang-orang di sekitar Anda. Oleh karena itu, jagalah kepercayaan yang mereka berikan dengan cara hidup benar di hadapan Tuhan. Keteladanan yang Anda tampilkan melalui perbuatan memiliki pengaruh sangat besar dibandingkan perkataan yang indah dan enak didengar.

M
inggu Adven dalam Gereja Kristen adalah nama periode sebelum Natal. Nama Adven (Latin Adventus) artinya adalah Kedatangan. Kedatangan Tuhan yang bertindak! Dalam masa Adven umat Kristen meyiapkan diri untuk menyambut pesta Natal dan memperingati kelahiran dan kedatangan Yesus yang kedua kalinya pada akhir zaman. Pada Masa Adven, banyak keluarga memasang Lingkaran Adven di rumah mereka. Ada banyak sekali arti yang terkandung di dalamnya. Lingkaran tidak mempunyai awal dan tidak mempunyai akhir, maka lingkaran melambangkan Tuhan yang abadi, tanpa awal dan akhir. Lingkaran Adven dibuat dari dahan-dahan dan daun-daun evergreen, (senantiasa hijau, senantiasa hidup). Evergreen melambangkan Kristus, yang mati namun hidup kembali untuk selamanya. Kristus datang ke dunia untuk memberikan kehidupan yang tanpa akhir bagi kita. Juga ada buah-buah beri merah menggambarkan tetesan-tetesan darah, lambang darah yang dicurahkan oleh Kristus demi umat manusia. Empat batang lilin diletakkan sekeliling Lingkaran Adven, tiga lilin berwarna ungu dan yang lain berwarna merah muda. Melambangkan keempat minggu dalam Masa Adven, yaitu masa persiapan kita menyambut Natal. Pada awal Masa Adven, sebatang lilin dinyalakan, kemudian setiap minggu berikutnya lilin lain mulai dinyalakan. Seiring dengan bertambah terangnya Lingkaran Adven setiap minggu dengan bertambah banyaknya lilin yang dinyalakan, kita pun diingatkan bahwa kelahiran Sang Terang Dunia semakin dekat. Semoga jiwa kita juga semakin menyala dalam kasih Tuhan Yesus.

Yohanes Pembaptis menjadi model bagi kaum beriman untuk menyongsong kedatangan Mesias, Yesus Kristus firman Allah yang menjadi Manusia. Pertobatan merupakan syarat utama menyambut kehadiran-Nya, sebagaimana yang diserukan oleh Yohanes sendiri. Bertobatlah dan lakukanlah firman Tuhan! Amin. Selamat hari Minggu! (NS).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN MINGGU ADVENT I 28 NOVEMBER 2021

MENYAMBUT KEDATANGAN TUHAN DALAM KEKUDUSAN (1 Tesalonika 3: 9-13) Surat ini ditujukan kepada komunitas pengikut Kristus di Tesalonika. L...