Jumat, 18 September 2020

RENUNGAN MINGGU XV SETELAH TRINITATIS 20 SEPTEMBER 2020

 Bagaimanakah Menantikan Hari Kedatangan Tuhan

(Lukas 17:26-37)



Iman bukanlah didasarkan pada logika berpikir manusia, akan tetapi adalah ketaatan, pengakuan dan penyerahan diri kepada Tuhan. Banyak orang yang mencoba memahami kerajaan Tuhan dengan logika berpikirnya, sehingga selalu terjadi perdebatan panjang. Bagi orang Yahudi, kerajaan Allah adalah bersifat fisik yaitu kerajaan Israel yang akan dipimpin oleh Mesias untuk mengalahkan penjajahan Roma saat itu. Yesus menjawab orang Yahudi yang mempertanyakan kerajaan Allah; Yesus menyebutnya bahwa kerajaan Allah sudah datang dan tengah berada di antara mereka, artinya kehadiran kerajaan Allah sudah dimulai sejak kelahiran Yesus dan berpuncak pada hari kedatanganNya yang kedua kalinya, itu sebabnya Yesus mengajak mereka untuk tidak melihat dan melandaskan pemahaman mereka dengan tanda-tanda lahiriah saja (21).

Saat ini banyak aliran yang mencoba menafsirkan hari kedatangan Tuhan dengan akal logika mereka sendiri dengan menghubung-hubungkan setiap kejadian kepada kejadian lainnya, pada hal jelas dikatakan tidak akan dapat memprediksi waktunya hanya dengan tanda-tanda lahiriah (20-21). Yesus mengingatkan orang banyak akan banyak ada sikap yang semangat mencari tanda-tanda dan menghitung-hitung hari (22-23) tetapi usaha mereka akan sia-sia; dan sebaliknya, ada orang yang tidak peduli dan justru menyibukkan diri dengan hal-hal duniawi, seperti mencari dan menikmati kesenangan dan kemewahan duniawi, yang tidak peduli dengan kehidupannya pada masak kedatangan Kristus yang kedua kalinya, dan mereka pada waktunya akan dimusnahkan seperti pada zaman Nuh dan Lot (26019). Untuk itu Yesus mengatakan agar kiranya setiap orang siap sedia selalu dan memusatkan perhatian kita kepada kesempatan yang dipercayakan kepada kita dengan segala apa yang sepatutnya dan seharusnya kita kerjakan sebagai tanggung jawab iman dan moralitas kita terhadap karya keselamatan dari Yesus, mengisi hidup dan kehidupan dengan apa yang berguna demi kehidupan masa depan. Selagi hari masih siang, selagi kesempatan masih ada mari berbuat baik, kasih, menyerahkan diri dalam iman dan ketaatan kepada Tuhan. Amin. Selamat hari Minggu! (HS).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN MINGGU ADVENT I 28 NOVEMBER 2021

MENYAMBUT KEDATANGAN TUHAN DALAM KEKUDUSAN (1 Tesalonika 3: 9-13) Surat ini ditujukan kepada komunitas pengikut Kristus di Tesalonika. L...