JADWAL
DAN ACARA IBADAH
PEMBEKALAN
DAN RETREAT
GURU
SEKOLAH MINGGU (GSM) HKBP PONDOK GEDE
Kamis-Sabtu,
28 - 30 Mei 2015
Di
Puncak Bogor
Tema
:
"Aku Bangga Menjadi Guru Sekolah Minggu"
JADWAL
NO
|
HARI
|
TANGGAL
|
JAM
|
DURASI
|
ISI ACARA
|
PIC
|
JOB DESC
|
|
1
|
Kamis
|
28 Mei 2015
|
21.00-21.30
|
30 Menit
|
Persiapan Keberangkatan
|
Alfred
|
Memastikan semua peserta sudah
datang, absen, berdoa sebelum keberangkatan
|
|
2
|
21.30-23.30
|
120 Menit
|
Perjalanan menuju kepuncak
|
Mengarahkan supir, memegang uang
tol
|
||||
3
|
23.30-23.45
|
15 Menit
|
Pembagian kamar
|
Membuat daftar pembagian kamar
|
||||
4
|
23.45-05.00
|
Doa malam dan istirahat malam
|
Memastikan semua peserta
beristirahat untuk mempersiapkan diri mengikuti kegiatan esok hari
|
|||||
5
|
Jumat
|
29 Mei 2015
|
05.00-05.30
|
30 Menit
|
Saat teduh
|
Aprilia
|
Memastikan semua peserta mengikuti
saat teduh bersama Pendeta
|
|
6
|
05.30-06.30
|
60 Menit
|
Olahraga Pagi (senam, berenang)
|
Mengarahkan peserta untuk
berolahraga baik itu senam maupun berenang
|
||||
7
|
06.30-07.30
|
60 Menit
|
Mandi Pagi
|
Mengarahkan peserta untuk mandi
pagi
|
||||
8
|
07.30-08.00
|
30 Menit
|
Sarapan pagi
|
Memastikan sarapan sudah tersedia
dan seluruh peserta mendapatkan sarapan
|
||||
9
|
08.00-09.15
|
75 Menit
|
Ibadah pembuka dan sesi ice
breaking 'Let’s know each other better'
|
Nana
|
Menjadi MC pada saat acara ;
Koordinasi dengan Pdt. N. Simangunsong ; Time keeper
|
|||
10
|
09.15-09.30
|
15 Menit
|
Kata Sambutan: Panitia, Pengurus
Sie. SM, Dewan Koinonia, Pendeta
|
Koordinasi dengan Pdt. N.
Simangunsong, F.M. Manurung, dan Pengurus Sie. SM ; Time keeper
|
||||
11
|
09.30-10.30
|
60 Menit
|
Sessi I 'Visi Pelayanan Anak / Aku
Bangga Menjadi Guru Sekolah Minggu oleh Kak Yudi
|
Menjadi MC pada saat acara ; Time
keeper
|
||||
12
|
10.30-10.45
|
15 Menit
|
Diskusi Kelompok
|
Membuat daftar kelompok, membuat
pertanyaan diskusi kelompok
|
||||
13
|
10.45-11.00
|
15 Menit
|
Snack Time
|
Memastikan snack sudah tersedia dan
seluruh peserta mendapatkan snack
|
||||
14
|
11.00 - 12.00
|
60 Menit
|
Sessi II 'Memimpin Pujian Yang
Kreatif" oleh Kak Yudi
|
Triany
|
Menjadi MC pada saat acara ; Time
keeper
|
|||
15
|
12.00-12.15
|
15 Menit
|
Diskusi kelompok
|
Membuat daftar kelompok, membuat
pertanyaan diskusi kelompok
|
||||
16
|
12.15-13.00
|
45 Menit
|
Makan siang dan Istirahat
|
Memastikan makanan sudah tersedia
dan seluruh peserta mendapatkan makanan
|
||||
17
|
Jumat
|
29 Mei 2015
|
13.00-14.30
|
90 Menit
|
Sessi III 'Mempersiapkan Alat
Peraga” dan “Panggung Boneka di Sekolah Minggu” oleh Kak Yudi
|
Agnes
|
Menjadi MC pada saat acara ; Time
keeper
|
|
18
|
14.30-15.00
|
30 Menit
|
Praktek
|
Memastikan keterlibatan peserta
dalam proses praktek
|
||||
19
|
15.00-15.15
|
15 Menit
|
Snack Time
|
Memastikan snack sudah tersedia dan
seluruh peserta mendapatkan snack
|
||||
20
|
15.15-16.15
|
60 Menit
|
Sessi IV : Pdt. N. Simangunsong
|
Sari
|
Menjadi MC pada saat acara ; Time
keeper
|
|||
21
|
16.15-16.30
|
15 Menit
|
Diskusi kelompok
|
Membuat daftar kelompok, membuat
pertanyaan diskusi kelompok
|
||||
22
|
16.30-17.30
|
60 Menit
|
Sessi V : Pdt. W. Saragih
|
Shanty
|
Menjadi MC pada saat acara ; Time
keeper
|
|||
23
|
17.30-17.45
|
15 Menit
|
Diskusi kelompok
|
Membuat daftar kelompok, membuat
pertanyaan diskusi kelompok
|
||||
24
|
17.45-19.00
|
75 Menit
|
Istirahat dan Mandi Sore
|
Mengarahkan peserta untuk mandi
sore dan istirahat
|
||||
25
|
19.00-19.30
|
30 Menit
|
Makan malam
|
Bella
|
Memastikan makanan sudah tersedia
dan seluruh peserta mendapatkan makanan
|
|||
26
|
19.30-20.15
|
45 Menit
|
Sessi VI "Pemulihan Pribadi
Guru Sekolah Minggu" oleh Kak Yudi
|
Menjadi MC pada saat acara ; Time
keeper
|
||||
27
|
20.15-20.30
|
15 Menit
|
Diskusi kelompok
|
Membuat daftar kelompok, membuat
pertanyaan diskusi kelompok
|
||||
28
|
20.30-21.00
|
30 Menit
|
Malam Keakraban
|
Cory
|
Membuat konsep permainan dan ice
breaking
|
|||
29
|
21.00-21.30
|
30 Menit
|
Ibadah Malam
|
Menjadi MC pada saat acara ;
Koordinasi dengan Pdt. N. Simangunsong ; Time keeper
|
||||
30
|
22.30-05.00
|
Istirahat
|
Memastikan semua peserta
beristirahat untuk mempersiapkan diri mengikuti kegiatan esok hari
|
|||||
31
|
Sabtu
|
30 Mei 2015
|
05.00-05.30
|
30 Menit
|
Saat teduh
|
Memastikan semua peserta mengikuti
saat teduh bersama Pendeta
|
||
32
|
05.30-06.30
|
60 Menit
|
Olahraga Pagi (senam, berenang)
|
Michael dan Intan
|
Mengarahkan peserta untuk
berolahraga baik itu senam maupun berenang
|
|||
33
|
06.30-07.30
|
60 Menit
|
Mandi Pagi
|
Mengarahkan peserta untuk mandi
pagi
|
||||
34
|
07.30-08.00
|
30 Menit
|
Sarapan pagi
|
Memastikan sarapan sudah tersedia
dan seluruh peserta mendapatkan sarapan
|
||||
35
|
08.00-09.00
|
60 Menit
|
Ibadah Pagi dan Ibadah Penutupan
|
Nono
|
Menjadi MC pada saat acara ;
Koordinasi dengan Pdt. N. Simangunsong ; Time keeper
|
|||
36
|
09.00-09.30
|
30 Menit
|
Snack Time
|
Memastikan snack sudah tersedia dan
seluruh peserta mendapatkan snack
|
||||
37
|
09.30-10.00
|
30 Menit
|
Photo Taking
|
Memastikan proses pengambilan foto
berjalan lancar
|
||||
38
|
10.00-10.30
|
30 Menit
|
Persiapan pulang
|
Dirga
|
Memastikan kelengkapan peserta
tidak tertinggal
|
|||
39
|
10.30-12.00
|
Perjalanan pulang
|
Mengarahkan supir, memegang uang
tol
|
Sejarah
Sekolah Minggu
Dimulai dari krisis
ekonomi di Inggris pada abad ke-18. Robert Raikes yang adalah wartawan surat kabar di Inggris meliput berita mengenai
keadaan tersebut. Dalam tugasnya tersebut, Raikes menemui banyak anak-anak yang
harus menjadi tenaga kerja di pabrik-pabrik sebagai buruh kasar. Mereka bekerja
dari hari Senin sampai dengan hari Sabtu. Pada hari Minggu mereka libur.
Anak-anak tersebut memiliki uang sendiri untuk mereka belanjakan, hasil
dari upah mereka sebagai buruh. Hari Minggu mereka habiskan untuk
bersenang-senang. Minum-minuman keras, berjudi, bertingkah liar, dan
tindakan-tindakan yang tidak terpuji lainnya.
Hati Raikes tergerak. Dia lantas membuka sebuah kelas yang terletak di
sebuah dapur kecil milik Meredith di kota Scooty Alley. Kelas tersebut dibuka
setiap hari Minggu. Awalnya anak-anak diajarkan sopan santun, kebersihan,
membaca, menulis, dan sebagainya. Perkembangan selanjutnya mulai diajarkan
ajaran-ajaran Alkitab.
Kelas ini berkembang. Dalam waktu empat tahun sekolah yang diadakan pada
hari Minggu itu semakin berkembang bahkan ke kota-kota lain di Inggris. Dan
jumlah anak-anak yang datang ke sekolah hari minggu terhitung mencapai 250.000
anak di seluruh Inggris.
Ketika Robert Raikes meninggal dunia pada tahun 1811, jumlah anak yang hadir di Sekolah Minggu di seluruh
Inggris mencapai lebih dari 400.000 anak. Gerakan di Inggris ini akhirnya
menjalar ke berbagai tempat di dunia, termasuk negara-negara Eropa lainnya dan
ke Amerika. (Dari Wikipedia bahasa Indonesia).
ACARA IBADAH PAGI
Jumat,
29 Mei 2015
1. Bernyanyi KJ. No. 8:
1-2 BagiMu, Tuhan Nyanyianku
1. BagiMu, Tuhan, nyanyianku kar’na setaraMu
siapakah ?
Hendak
kupuji Kau selalu; padaku Roh Kudus berikanlah,
Supaya
dalam Kristus, PutraMu, kidungku berkenan kepadaMu.
2.
O tuntun aku ke PutraMu, agar padaMu ‘ku
dituntunNya:
Dan
RohMu diam dalam rohku, membuat mata hatiku cerah,
Sehingga
kurasakan damaiMu dan kuungkapkan dalam kidungku.
2. Invocatio – Introitus
(P: Pemimpin-J: Jemaat-S: Semua)
P: Di dalam Nama
Allah Bapa, Anak-Nya Tuhan Yesus Kristus dan Roh Kudus yang menciptakan langit
dan bumi. Amin. Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang
fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam
kumpulan pencemooh, tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang
merenungkan Taurat itu siang dan malam. Haleluya !
J: Bernyanyi KJ.No.
8: 1 BagiMu,
Tuhan, nyanyianku
O tuntun aku ke
PutraMu, agar padaMu ‘ku dituntunNya:
Dan RohMu diam
dalam rohku, membuat mata hatiku cerah,
P: Terima kasih ya
Allah Bapa kami, yang menciptakan dan memelihara kami, serta yang memberikan
keselamatan dari dosa di dalam Anak-Mu Yesus Kristus, dan yang menyatukan kami
di dalam Roh-Mu, Roh Kudus di Gereja-Mu. Di sini Guru-guru Sekolah Minggu HKBP
Pondok Gede telah berkumpul dalam rangka Retret. Kuduskanlah kami seluruhnya!
J: Dari jurang yang dalam aku berseru kepada-Mu,
ya TUHAN! Tuhan, dengarkanlah suaraku!
P : Biarlah telinga-Mu
menaruh perhatian kepada suara permohonanku. Jika Engkau, ya TUHAN,
mengingat-ingat kesalahan-kesalahan. Tuhan, siapakah yang dapat tahan? Tetapi
pada-Mu ada pengampunan, supaya Engkau ditakuti orang. Aku menanti-nantikan
TUHAN, jiwaku menanti-nanti, dan aku mengharapkan firman-Nya.
J : Bernyanyi
KJ.No. 8: 1 BagiMu, Tuhan, nyanyianku
Sehingga
kurasakan damaiMu dan kuungkapkan dalam kidungku.
P : Mari, pujilah
TUHAN, hai semua hamba TUHAN, yang datang melayani di rumah TUHAN pada waktu
pagi. Angkatlah tanganmu ke tempat kudus dan pujilah TUHAN! Kiranya TUHAN yang
menjadikan langit dan bumi, memberkati engkau.
J: Berkatilah kami di
pagi ini, di tempat ini, yang menjadi tempat kami memuji namaMu, dan tempat
penyampaian Firman Tuhan. Kuasailah kami di dalam damai sejahtera Allah yang
melampaui segala akal, di dalam Kristus Yesus Tuhan kami.
S: Amin.
3. Membaca Mazmur 16: 1 – 11 “Pada Tuhan aku
berlindung”
P: Jagalah aku, ya Allah, sebab pada-Mu
aku berlindung. Aku berkata kepada TUHAN: "Engkaulah Tuhanku, tidak ada
yang baik bagiku selain Engkau!" Orang-orang kudus yang ada di tanah ini,
merekalah orang mulia yang selalu menjadi kesukaanku.
J: Bertambah
besar kesedihan orang-orang yang mengikuti allah lain; aku tidak akan ikut mempersembahkan
korban curahan mereka yang dari darah, juga tidak akan menyebut-nyebut nama
mereka di bibirku.
P: Ya TUHAN, Engkaulah bagian warisanku
dan pialaku, Engkau sendirilah yang meneguhkan bagian yang diundikan kepadaku. Tali
pengukur jatuh bagiku di tempat-tempat yang permai; ya, milik pusakaku
menyenangkan hatiku.
J: Aku
memuji TUHAN, yang telah memberi nasihat kepadaku, ya, pada waktu malam hati
nuraniku mengajari aku. Aku senantiasa memandang kepada TUHAN; karena Ia
berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah.
P: Sebab itu hatiku bersukacita dan
jiwaku bersorak-sorak, bahkan tubuhku akan diam dengan tenteram;
S: sebab
Engkau tidak menyerahkan aku ke dunia orang mati, dan tidak membiarkan Orang
Kudus-Mu melihat kebinasaan.
P: Engkau memberitahukan kepadaku jalan
kehidupan; di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu ada
nikmat senantiasa. Demikian pembacaan kitab Mazmur Pagi ini.
4.
Menyanyikan KJ.
No. 364: 1... Berserah Kepada Yesus
Berserah kepada Yesus tubuh, roh dan jiwaku;
kukasihi, kupercaya, kuikuti Dia
t’rus.
Aku berserah, aku berserah;
kepadaMu, Jurus’lamat, aku berserah!
5. Khotbah
6. Doa Syafaat
7. Laporan Panitia Pembekalan dan Retreat GSM
HKBP Pondok Gede
Pembukaan Pembekalan dan Retreat
GSM HKBP Pondok Gede: (Pimpinan
Jemaat HKBP Pondok Gede)
8. Bernyanyi KJ. No. 402: 1 Kuperlukan Jurus’lamat
Kuperlukan Jurus’lamat, agar jangan ‘ku
sesat;
s’lalu harus kurasakan bahwa Tuhanku
dekat.
Maka jiwaku tenang, takkan takut dan
enggan;
Bila Tuhanku membimbing, ‘ku di
malam pun tent’ram.
8. Doa Penutup-Berkat
9. (Menyanyikan) Amin, amin, amin.
PARTANGIANGAN BODARI
Jumat, 29 Mei 2015
1. Marende
SDJ. No. 815: 2 Uli do tingki na hohom
Uli do tingki na hohom, sonang martua
rohangkon,
Tongtong
masihol rohangkon, lao martangiang na hohom.
Au raphon na badia i, sai naeng marnida
bohiMi
Tuhanku Sipartobus i, di tingki martangiang i.
2. Tangiang Pamuhai
P: Marhitehite Goar ni Debata Ama, AnakNa Tuhan
Jesus Kristus dohot Tondi Parbadia na tumompa langit dohot tano on. Amen. Martua ma
halak na so olo mangihuthon tahi ni angka parjahat, jala na so olo jongjong tu
dalan ni angka pardosa, jala na so olo sahundulan dohot angka pangarehei. Sai
patik ni Jahowa do lomo ni rohana, jala sai i do dipingkiri rohana arian dohot
borngin. Haleluya!
H: Marende SDJ. No. 854 ”Haleluya Puji Tuhan”
Haleluya, Haleluya, Haleluya, Haleluya,
puji Tuhan. / Haleluya, Haleluya, Haleluya, Haleluya, puji Tuhan. / Puji Tuhan,
Haleluya; Puji Tuhan, Haleluya. / Puji Tuhan, Haleluya; puji Tuhan.
P: Mauliate ma
di Ho ale Debata Amanami, na manompa dohot marmuduhon hami jala na mangelehon
haluaonnami sian dosa di bagasan AnakMu, Tuhan Jesus Kristus dohot na pasadahon
Guru-guru Sikola Minggu di huriaM mambohali diri dibagasan hataM.
H: Sian pardangolan angka na bagas i do ahu
joujou tu Ho, ale Jahowa! Ale Tuhan,
sai tangihon ma soarangki, sai patinggil ma pinggolMu tumangi soara ni
anggukkon!
P: Molo tung
manjujur Ho, ale Jahowa di angka dosa, tung ise ma manahan jongjong ale Tuhan? Alai
tahe marroha pamuation do Ho, asa dihabiari halak Ho. Huhalungunhon do Jahowa,
malungun do tondingku, jala huparhanalom do hataNa. Ida ma, puji ma Jahowa sude
hamu ale naposo ni Jahowa, hamu ale angka na jongjong di bagas ni Jahowa ganup
borngin. Paherbang hamu ma tanganmuna tu habadiaon, jala puji hamu
ma Jahowa! Sai dipasupasu Jahowa, Sitompa langit dohot tano on, ma ho!
H: Pasupasu ma hami borngin on di tonga ni
huta on. Pasaor ma hami di bagasan dameM na sumurung i, namangatasi saluhut
roha nang pingkirannaMi be, dibagasan Kristus Jesus.
S: Amen
3. Manjaha
Psalmen 121: 1-8 Debata do Parjaga ni BangsoNa
P: Sai
mangaranapi do matangku dompak angka dolok: Sian dia do ulaning ro pangurupion
tu ahu?
H: Sian Jahowa Sitompa langit dohot tano on
sambing ro pangurupion ianggo tu ahu.
P: Ndang
tagamon loasonna tarsulandit patmu, ndang tagamon nok mata ni Sijaga ho.
H: Ida ma, ndang olo nok mata, jala ndang olo
modom ianggo Sijaga Israel.
P: Jahowa do
Sijaga ho, Jahowa do parlinggomanmu di lambung ni tanganmu siamun.
H: Ndang tagamon doiton ni mata ni ari ho
arian, manang bulan pe bornginna i.
P: Sai jagaon
ni Jahowa do ho sian nasa parmaraan, sai jagaonna do tondim. Sai jagaon
ni Jahowa do ho laho ruar dohot laho bongot, olat ni on ro di salelenglelengna.
4. Marende sian BE. No. 135: 1 “Marpungu Do Di
JoloM on”
Marpungu do di joloM on, marsada roha hami on, /
O Jesus Tuhannami. /
Ho Raja na tarsilang i, na pinatimbo i muse / sai ro ma Ho tu hami. /
Olo, jalo ma tangiang, pamujian di goarMu,/ ala holong ni rohaMu.
5. Tangiang Pangondian
6. Marende sian BE. No. 213: 1-2 ”Dung Sonang
Rohangku”
Dung sonang rohangku dibaen Jesus i, porsuk pe hutaon dison.
/
Na pos do rohangku di Tuhanta i, dipasonang tongtong
rohangkon. /
Sonang do, sonang do; dipasonang tongtong rohangkon.
Nang dihaliangi sibolis pe au, naeng agohononna muse. /
Naung mate Tuhanhu, mangolu ma au; utanghi nunga sae sasude.
/
Sonang do, d.u.
7. Tangiang Sibodari Mangihuthon Psalmen 4
P: Sai alusi ma
ahu, ale Debata ni hatigoranku, ia hujou Ho, jala palumbang ahu jumpa
hagogotan, asi ma roham di ahu, jala tangihon ma tangiangki. Ia hamu, pinompar
ni jolma, sadia leleng on do lea rohamu di hasahalaonki, sadia leleng on do
haholongan ni rohamuna na so hasea, jala dioronmuna gabus.
H: Unang
so boto hamu: Marhasurungan do dibahen Jahowa angka hasianna, matua ditangihon
Jahowa do, molo hujou Ibana.
P: Holsohon
hamu hian ma, asa unang dapotan
dosa, marhusari ma rohamuna, dung
ro di podoman hamu, asa sonang hamu. Pelehon hamu ma pelean hatigoran, jala
marhaposan tu Jahowa ma hamu.
H: Lan do angka ma mandok: Tung ise ma manumpakkon
na denggan tu hita? Alai ale
Jahowa, sai pasondangkon ma tu hami sondang ni bohim!
P: Gumodang do
las ni rohangku dilehon Ho, sian di nasida di hamamasa ni gotilon eme dohot
anggur na gabe situtu. Sonang do ahu hupapeak huhut mamintor nok; ai sasada
Ho do, ale Jahowa, pasonang ahu maringanan. Amen.
8. Tangiang Panutup – Pasupasu
9.
(Mangendehon) Amen, amen, amen.
Ibadah
Penutupan
Sabtu,
30 Mei 2015
1. Pembukaan:
P: Di dalam nama
Allah Bapa, dan anak dan Roh Kudus.
J: Amin.
P: Tuhan, waktuku
terletak di dalam tangan-Mu.
J: Tolonglah aku sesuai dengan
kemurahan-Mu.
P: Ya Allah, ingatlah
aku sesuai dengan anugerah-Mu.
J: Tuhan, dengarkanlah aku sesuai
dengan pertolongan-Mu yang penuh dengan kesetiaan.
P: Kemuliaan bagi
Bapa, dan Anak dan Roh Kudus,
S: Seperti pada permulaan, sekarang,
selalu dan dari kekal hingga kekal.
Amin. Haleluya.
2. Doa Mazmur:
P: TUHAN menegakkan kembali
orang-orang yang tertindas, tetapi merendahkan orang-orang fasik sampai ke
bumi. Bernyanyilah bagi TUHAN dengan nyanyian syukur, bermazmurlah bagi Allah
kita dengan kecapi!
P: (menyanyikan)
Pujilah TUHAN!
Sebab baiklah memuji Dia, dan menyenangkan untuk
menyanyikan pujian bagi-Nya! TUHAN akan memulihkan Yerusalem; orang-orang buangan akan
dibawa-Nya pulang.
Ia menyembuhkan orang yang patah hati, dan membalut luka-luka mereka.
Ia menentukan jumlah bintang di angkasa, dan masing-masing diberi-Nya nama.
Sungguh besar dan hebat TUHAN kita, kebijaksanaan-Nya tidak terhingga.
Ia menegakkan orang yang tertindas, tetapi orang jahat
dicampakkan-Nya ke tanah.
Nyanyikanlah puji-pujian bagi TUHAN, mainkanlah kecapi bagi Allah kita.
J: (berdiri) TUHAN menegakkan kembali orang-orang yang tertindas,
tetapi merendahkan orang-orang fasik sampai ke bumi. Bernyanyilah bagi TUHAN
dengan nyanyian syukur, bermazmurlah bagi Allah kita dengan kecapi!
P: Kemuliaan bagi Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
seperti pada permulaan,
s’karang, s'lalu dan dari kekal hingga kekal,
Amin.
P+J: TUHAN menegakkan kembali orang-orang
yang tertindas, tetapi merendahkan orang-orang fasik sampai ke bumi. Bernyanyilah bagi TUHAN
dengan nyanyian syukur, bermazmurlah bagi Allah kita dengan kecapi!
(duduk)
3. Pembacaan Perjanjian Lama:
P:
Marilah kita mendengarkan pembacaan
Perjanjian Lama. Melalui pembacaan ini, kita akan diingatkan, bahwa Allah
mengutus orang yang percaya, supaya dalam kehidupannya masing-masing Injil
diberitakan. Pembacaan diambil dari Yesaya 6: 1 - 8 demikian: “…..” Demikianlah
berita Perjanjian Lama.
J: (menyambut berita Perjanjian lama dengan
menyanyikan BE No 549 (Holan Dakdanak na Metmet Au) BL. 378
Holan dakdanak na metmet au, alai na boi au tu Jesus
lao,
Holan Ibana, oloanki paima sahat tu surgo i.
O Tuhan Jesus jangkon au on, tung so margogo
DakdanakMon
Di Ho ngolungku pangke ma i, tau hasangapon di
goarmi.
4. Pembacaan Injil:
P:
Injil
akan dibacakan! Jemaat dipersilahkan bangkit berdiri. (berdiri)
Pemabacaan Injil
untuk hari ini, kiranya menolong kita untuk mengingat kembali bahwa Tuhan
mengutus kita, baik orang dewasa mau pun anak-anak untuk mengabarkan Injil. Pembacaan
diambil dari Lukas 4:16-19 demikian:”………”
Demikianlah Pembacaan Injil.
J: Syukur bagi Allah!
P: Hendaklah Firman Allah dengan segala
kuasanya berdiam di dalam hidupmu, sehingga melalui keberadaan kita
masing-masing, Injil semakin disebarkan.
J: (menyambut
pembacaan Injil dengan BE. No. 190: 1-3
Las rohangku
situtu mida Jesus na lulu/ Manjalahi hajolmaon ai Ibana paluahon/ Jolma manisia i sian hamagoan i.
Las rohangku situtu mida Jesus na burju/
Patupahon hangoluan di au na di hamagoan/ Tung saluhut dosangki do disesa Jesus
i
Las rohangku
situtu ai parjambar au tutu/ Di na denggan sasudena pinarbaga ni Debata/ Di
sude na burju i mangihuthon Jesus i (duduk)
5. Doa Syafaat:
P:
Ya Tuhan, ciptakanlah bagi-Mu melalui
kuasa kasih-Mu, Guru-guru Sekolah Minggu yang dapat mengajar anak-anak menghilangkan
kekerasan, yang terjadi di rumahtangga, antara bapak dan ibu, antara orangtua
dan anak, antara abang dan adik,
J: Yesus, sumber sukacita, dengarkanlah kami.
P: Kami berdoa bagi Gereja-Mu,
agar kiranya Engkau melindungi mereka sehingga tetap setia dalam pekerjaannya,
di tengah-tengah perlakuan yang tidak adil terhadap kaum perempuan, baik karena
kekerasan yang menimpa mereka, mau pun
karena pembagian kerja yang tidak adil,
J: Yesus, sumber
sukacita, dengarkanlah kami.
P: Kami
mohon ya Tuhan, melalui pengajaran Guru-guru Sekolah Minggu, agar Engkau
membangkitkan kembali anak-anak dari Gereja-Mu menjadi baru melalui Roh
Kebenaran, Roh Penyatuan dan Roh Damai, sehingga kami anak-anak mulai berjuang
melawan kekerasan manusia. Air yang Engkau ciptakan, tanah yang adalah milik-Mu,
dan udara yang Engkau pelihara, melawan kekerasan manusia terhadap
tumbuh-tumbuhan yang Engkau ciptakan, binatang-binatang yang Engkau pelihara,
serta planet-planet lain yang Engkau lindungi,
J: Yesus, sumber
sukacita, dengarkanlah kami.
P: Kami
mohon ya Tuhan, agar Engkau membangkitkan kembali anak-anak dari Gereja-Mu
menjadi baru melalui Roh Kebenaran, Roh Penyatuan dan Roh Damai, sehingga
anak-anak mampu menentukan sikap, menolak apa yang dilihat dalam lingkungannya
tentang kekerasan yang membuat suku membenci suku lain, ras membenci ras yang
lain dan golongan agama membenci golongan agama yang lain,
J: Yesus, sumber
sukacita, dengarkanlah kami.
P: Ya Tuhan,
tolonglah orang Kristen menemukan kembali kesatuannya,
J: Jadikanlah
mereka satu, supaya dunia percaya.
P: Ya, Allah
Bapakami, biarkanlah kami berakar di dalam Kasih Anak-Mu. Dia telah mengambil
rupa seorang hamba, agar Dia dapat melayani Engkau di dalam Pujian dan ketaatan
yang penuh. Biarkanlah buah dari Roh keluar dari dalam hidup kami, melalui Dia,
yang hidup dan memerintah bersama-sama dengan Engkau dan Roh Kudus sekarang,
selalu, dan dari kekal hingga kekal.
J: Amin.
6. Janji Iman
P: Saudara-saudara Guru Sekolah Minggu yang
dikasihi Tuhan Yesus! Pembekalan dan Retreat ini adalah waktu yang diberikan
Tuhan kepada kita semua, untuk bersukacita bersama Yesus.
GSM: Kepada-Mu
Tuhan, kami menaikkan syukur dan pujian kami.
P: Tuhan Yesus menginginkan kita semua
bersukacita. Namun di sekitar kita ada hal-hal yang membuat kita sulit
bersukacita. Ada hal-hal yang membahayakan hidup kita.
GSM: Kami
Guru-guru Sekolah Minggu yang dikasihi Allah, yang bersuka bersama Yesus, yang memperoleh buah Roh, kami berjanji
mengajarkan firman Tuhan dengan sebenar-benarnya.
P: Kiranya Tuhan memberikan kepada kamu
Guru-guru Sekolah, kesetiaan pada janji ini dan kekuatan melakukannya. Kita
juga melihat dan mendengar, alam di sekitar kita sudah semakin rusak. Banyak pohon
yang ditebang, sedikit sekali yang ditanam baru. Banjir dan cuaca yang tidak
menentu musimnya yang membahayakan alam lingkungan sekitar kita. Apa yang akan
kita tinggalkan untuk generasi mendatang?
GSM: Kami
Guru-guru Sekolah Minggu yang dikasihi Allah, yang bersuka bersama Yesus, yang
memperoleh buah Roh, berjanji untuk memelihara alam. Kami yakin akan penyertaan
dan kesetiaan Tuhan kepada kami melakukan janji ini. Amin.
7. Penutupan Pembekalan dan Retreat Guru Sekolah
Minggu:
(Pimpinan Jemaat HKBP Pondok Gede)
8. Doa:
P: Marilah kita bersama-sama berdoa:
Jemaat:
1¯¯1 1¯¯1
2 .¯2 3 . 1¯¯1
2¯¯3 4
.¯4 4 . 3¯¯3 3¯¯3 2 .¯2
1
1¯¯1 1¯¯1
7 .¯7 1 .
1¯¯1 1¯¯1 1 .¯1
1 . 1¯¯1
1¯¯1 7 .¯7 1
3¯ 3 3¯ 3
4 .¯4 5 .
3¯¯3
4¯¯5 6 .¯6
6 . 5¯¯5 5¯¯5 4
.¯4 3
1¯¯1 1¯¯1
5 .¯5 1 .
1¯¯1 1¯¯1 4 .¯4
4 . 1¯¯1 1¯¯1
5 .¯5 1
Tuhan
ka-si--ha-ni--lah, Tuhan ka-si--ha-ni-lah, Tuhan
ka-si--ha-ni-lah
3 3
__________________ 3 1 2 .
2 2 ______________ 2
1 2 3 3
.
1 1 __________________ 1 6 7
. 7
7 ______________ 7
6 7 1 1
.
5 5
__________________ 5 3 5
. 4
4 ______________ 4
3 4 5 5
.
1 1 __________________ 1 6 5
. 5
5 ______________ 5
6 5 1 1
.
Bapa kami
yang di sor------ga ; Dikuduskanlah NamaMu
datanglah ke-ra-ja-an-Mu
Jadilah kehendakMu
di
bumi seperti di
sor—-----ga; Berikanlah kami
pada hari
ini makanan kami yang secukupnya
Dan ampunilah kami akan
kesalah-
an kami, seperti kami juga
meng-
ampuni orang yang bersalah
kepada ka--mi; Dan janganlah membawa
kami ke dalam pencobaan
3 3
____________________________ 3
4 2 3
.
1 1 ____________________________ 1
1 7 1
.
5 5
____________________________ 5
6 5 5
.
1 1 ____________________________ 1
1 5 1
.
Melainkah lepaskanlah kami
dari pada yang ja----------hat
1 1
1 1 1
1 1 2
1 1 1
1 1 1
1 1 1
1
Kar’na Engkau-lah yang empunya Ke-ra---ja--an dan ku-a--sa dan
1 1
1 6 6
6 6 6
6 7 7
1 1 .
4 2 3
1 7
1
6 5 5
4 5
1
ke-mu-li---a---an sampai
se---la-ma--la-ma--nya; A--------min
9. Penutup:
P: Marilah kita memuji Tuhan.
J: Bagi Allah lah kiranya rasa syukur selalu.
P:
Allah kiranya memenuhi kita dengan
sukacita dan damai di dalam iman, sehingga kita dapat memiliki pengharapan yang
penuh melalui kuasa Roh Kudus.
J: (Menyanyikan) Amin, amin, amin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar