Selasa, 06 Agustus 2019

PENELAAHAN ALKITAB (PA) DAN DOA BERSAMA SEKSI REMAJA


PENELAAHAN ALKITAB (PA) SEKSI REMAJA
DAN
PEMBERANGKATAN MELANJUTKAN STUDI JEMAAT REMAJA
HKBP PONDOK GEDE RESORT PONDOK GEDE

Topik: “Menghindari Krisis Moral Remaja”

Seperti ketika aku mengalami masa remajaku,
ketika Allah bergaul karib dengan aku di dalam kemahku; (Ayub 29:4)

Jumat, 2 Agustus 2019
















Nunut do si raja ni ompuna 

Di na marguru 

nang di na mangula; 
Molo ninunutan, sai dapot do tinujuna. 
Songon i nang hapistaran siboanon tu huta. 
Molo diburjuhon hamu, adong ma labamuna. 
Lehonon ni Debata ma nang pasupasu-Na;

I ma tutu!






1.  Bernyanyi BN. HKBP No. 24: 1-2 Lawatlah Tuhan BL. 59 As=Do

Lawatlah Tuhan, kami umatmu.
Kami mau memuji Tuhan, kar’na kasih dan rahmat-Mu.
Lawatlah Tuhan, kami umat-Mu.

                Kasihanilah, kami yang sesat,
                Kaulah Yesus pertolongan, yang memb’ri keselamatan
Kasihanilah, kami yang sesat.
2.  AGENDA (St. Esteria Berutu, S.Pd)
3.  Bernyanyi BN. HKBP No. 18: 2 Bukalah pintu gerbang-Nya BL.84  C=Do

2.   Aku datang ya Tuhanku, lihat akau hamba-Mu
Dalam rumah-Mu Tuhanku, kami t’rima berkat-Mu
Tinggallah di hatiku, jadi rumah bagimu

4. Pembacaan Nats: 2 Tesalonika 3: 13-17 (P: Pemimpin – R: Pemuda)

P:      Dan kamu, saudara-saudara, janganlah jemu-jemu berbuat apa yang baik.

R:    Jika ada orang yang tidak mau mendengarkan apa yang kami katakan dalam surat ini, tandailah dia dan jangan bergaul dengan dia, supaya ia menjadi malu,

P:      tetapi janganlah anggap dia sebagai musuh, tetapi tegorlah dia sebagai seorang saudara.

R:    Dan Ia, Tuhan damai sejahtera, kiranya mengaruniakan damai sejahtera-Nya terus-menerus, dalam segala hal, kepada kamu. Tuhan menyertai kamu sekalian.

P:     Salam dari padaku, Paulus. Salam ini kutulis dengan tanganku sendiri. Inilah tanda dalam setiap surat: beginilah tulisanku.

5.  Penjelasan: Pengertian Krisis Moral Remaja
1. Krisis. Dalam kamus umum bahasa Indonesia karangan Poerwadarminta, Krisis diartikan sebagai kemelut atau keadaan yang genting. Dengan adanya suatu krisis maka perlu adanya solusi sebagai jalan keluar agar krisis tersebut dapat diatasi.
2.     Moral. Moral menurut bahasa berarti baik atau buruknya perbuatan. Sedangkan dari segi istilah moral adalah ajaran tentang tindakan seseorang. Dalam hal sifat, kehendak, pendapat atau perbuatan yang layak dilakukan. Menurut Drs. Sidi Ghozalba, “moral adalah kesesuian dengan ide-ide yang umum diterima tentang tindakan manusia yang baik dan yang wajar”.
3.      Remaja. Remaja berasal dari kata latin adolensence yang berarti tumbuh atau tumbuh menjadi dewasa. Istilah tersebut mempunyai arti yang lebih kuas yang mencakup kematangan mental, emosional sosial dan fisik. Pada masa ini sebenarnya tidak mempunyai tempat yang jelas karena tidak termasuk golongan anak namun tidak juga golongan dewasa atau tua. Kenakalan remaja berupa krisis moral para remaja merupakan masalah yang telah meluas dan secepatnya harus segera diselesaikan, karena dapat mengancam masa depan kehidupan mereka sendiri dan masa depan bangsa. Namun sebagian besar masyarakat tidak menyadari akan hal tersebut. Krisis moral adalah permasalahan yang sangat kompleks, namun selalu merupakan interaksi. Faktor lingkungannya itu tentang keluarga, kelompok sebaya, kehidupan sekolah, dan masyarakat luas termasuk media massa serta penegakan hukum setempat. Dari ketiganya yang paling penting adalah faktor individu. Seseorang harus bertanggungjawab atas perilakunya. Faktor krisis moral yaitu tentang perilaku sehari-hari yang telah menyimpang, misalnya tidak sopan kepada orang yang lebih tua, tidak mentaati tata tertib sekolah, merokok, dan lain-lain. Dalam sumber lain juga disebutkan bahwa faktor penyebab krisis moral remaja terbagi menjadi dua, yaitu:

1. Faktor Internal
a)       Keluarga. Keluarga mempunyai fungsi sebagai pengawas sosial, keluarga memberi pengertian kepada semua anggota keluarga tentang peranannya, baik di dalam maupun di luar rumah atau dalam masyarakat. Keluarga merupakan agen sosial pertama dan utama dalam mengenalkan nilai-nilai sosial dan kebudayaan. Dengan demikian orang tua mempunyai peranan penting dalam mendidik anak, jika orang tua benar dan sungguh-sungguh dengan ikhlas maka akan menghasilkan anak yang sopan dan patuh. Namun, melihat perkembangan zaman sekarang banyak orang tua yang lebih mengedepankan kepentingan pekerjaan daripada kepentingan anak, sehingga banyak remaja yang kurang perhatian dan merasa bebas mengatur jalan hidupnya sendiri.
b)       Basik agama. Agama merupakan factor penting dalam mempengaruhi kepribadian seorang remaja untuk mengontrol jiwanya lebih baik dan jika seseorang mempunyai basik agama yang kurang maka akan kurang juga moral yang dimilikinya.

2. Faktor Eksternal

a)     Pengaruh lingkungan sekolah. Salah satu dari penyebab krisis moral remaja adalah lingkungan sekolah, hal itu terjadi disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:
·           Kurangnya perhatian dari pihak guru
·           Terlalu bebas bergaul
·           Lemahnya peraturan sekolah, dan lain-lain
b) Pengaruh lingkungan tempat tinggal. Lingkungan tempat tinggal sangat berpengaruh dalam perkembangan moral remaja. Tempat tinggal merupakan tempat bergaul yang nyata.
c)       Lingkungan bergaul. Pergaulan juga merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan terjadinya krisis moral remaja. Seseorang yang bergaul dengan teman-teman yang berperilaku buruk, maka dia juga akan terseret ke dalamnya.

Kesimpulan. Krisis moral telah melanda sebagian besar remaja yang dipengaruh oleh beberapa faktor. Krisis moral remaja masih dapat diperbaiki dengan beberapa solusi yang melibatkan individu remaja itu sendiri dan lingkungan. Dengan demikian, dukungan gereja, keluarga sangat dibutuhkan dalam pengawasan krisis ini. Remaja hendaknya dapat membatasi diri dari hal-hal negatif yang termasuk dalam kenakalan remaja. Lingkungan hendaknya mendukung secara moral agar para remaja tidak terjerumus ke dalam krisis moral.

6. Diskusi (Daniel Hutajulu)

·         Sebagai remaja, apakah paparan di atas boleh kamu terima sepenuhnya?
# Jika ya, beri alasanmu! Jika tidak, beri alasanmu!
·         Apa solusi lain yang bisa kamu tawarkan dalam mengatasi Krisis moral remaja?

7.  Bernyanyi BN. HKBP No. 25:1 Firman-Mu Tuhan Allahku BL.181 Es=Do
Firman-Mu Tuhan Allahku, tak ternilai bagiku.
Kujadikan peganganku, di tiap langkah hidupku.
Kalau bukan Firman Tuhan, dasar iman umat-Mu.
Apakah dasar yang kuat, selain firman Tuhanku.

8.  Doa Syafaat

9.  Bernyanyi BN. HKBP No. 15:1-2 Andai ‘ku punya suara indah BL.103 F=Do
(Persembahan)

Andai ‘ku punya suara indah, seribukali suaraku.
Aku bermazmur sangat indah, dari seluruh jiwaku.
Hatiku sangat bergemar, memuji karya cipta-Mu.


                Andaikan suaraku menjangkau semua alam ciptaan-Mu.
                Akan ‘ku ajak semua makhluk nyanyikan kidung bagi-Mu.
                Hendaklah jiwa ragaku, memuji Tuhan Allahku.

10. Doa Bapa Kami - Berkat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN MINGGU ADVENT I 28 NOVEMBER 2021

MENYAMBUT KEDATANGAN TUHAN DALAM KEKUDUSAN (1 Tesalonika 3: 9-13) Surat ini ditujukan kepada komunitas pengikut Kristus di Tesalonika. L...